Minggu, 03 Juni 2018

Gejala Insomnia beserta cara jitu mengatasi

Gejala Insomnia beserta cara mengatasi - Apakah anda sering mendengar kata kata Imsomnia ? Tau Artinya ? Imsomnia adalah kondisi dimana seseorang itu susah melakukan kegiatan tidur,walaupun seseorang itu mempunyai kesempatan atau waktu untuk melakukan yang namanya tidur.Dan nyatanya tubuh memerlukan waktu untuk tidur secara normal adalah selama 7 jam dalam seharinya.

Terdengar aneh bukan ? masa sih tidur aja susah ? wong saya aja duduk bentar sudah molor hahaha.Ya itulah memang adanya mengenai Insomnia.Di negara kita sendiri kasus Insomnia banyak terjadi dan trend nya semakin lama semakin meningkat.Dari data yang diperoleh sekitar 4% pria di indonesia mengalami Gejala Insomnia,dan 5% untuk yang wanitanya.

Akibat Insomnia ini maka seseorang akan mengalami kondisi yang tidak Fit di keesokan harinya,hal ini karena tubuh kurang mendapatkan waktu untuk beristirahat.Kondisi yang seperti ini jika dibiarkan terus menerus secara lama,maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya dan berdampak sangat negatif terhadap tubuh kita. 

gejala insomnia
source flickr

Gejala Insomnia wajib diketahui

1. Susah tidur di malam hari

Jikalau anda mengalami susah tidur pada saat malam hari,meskipun anda sudah berusaha memejamkan mata,dan hal ini terus terusan terjadi di malam hari,maka ada kemungkinan besar anda mengidap yang namanya Insomnia.

2. Sering tiba tiba terbangun di malam hari atau dini hari dan tidak bisa tidur lagi.

Anda sering terjaga ketika tidur di malam hari atau dini hari ? dan setelah itu anda tidak dapat tidur lagi ? Jika anda sering mengalami ini maka ini bisa disebut sebagai Gejala Insomnia.

3. Sering lelah,tidak bisa konsentrasi dan sering marah marah

Karena pada malam harinya kurang mendapatkan porsi tidur,maka pada keesokan harinya tubuh akan mengalami kelelahan dan akibatnya kurang bisa berkonsentrasi,dan sensitif maupun mudah emosi.Hati hati mungkin saja Gejala Insomnia sudah melanda anda.

4. Susah tidur pada siang hari

Anda akan mengalami susah tidur di siang hari,meskipun tubuh anda terasa lelah,ini juga termasuk dalam gejala Insomnia yang harus anda waspadai.

Penyebab Insomnia pada umumnya

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi Insomnia,baik itu faktor internal kita maupun faktor faktor eksternal.

1. Faktor Gaya hidup

Gaya hidup malam yang marak saat ini khususnya anak muda,akan menjadi penyebab munculnya Insomnia.Ini terjadi karena akan menjadi sebuah siklus tidur yang secara terus menerus akan membuat Insomnia.

2. Faktor Ruangan tidur yang tidak nyaman

Tempat ruangan kita beristirahat atau tidur malam haruslah anda buat senyaman mungkin,se rileks mungkin.Anda harus memperhatikan mulai dari penataan ruangan tidur yang tidak sumpek,tidak gerah,terasa longgar dan nyaman sehingga anda terasa nyaman ketika akan berangkat tidur malam.Selain itu juga warna warna cat ruangan juga bisa menjadi pertimbangan psikologis.Kondisi alas tidur atau kasur juga buatlah senyaman mungkin untuk tubuh anda,sehingga anda akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

3. Faktor Psikologi juga penting

Stres,kepikiran akan suatu hal atau masalah dapat menyebabkan anda susah istirahat,ini terjadi karena otak anda terus bekerja memikirkan sesuatu dan bahkan jika terus menerus maka alam bawah sadar anda akan terus memikirkan sesuatu hal tersebut.Hal seperti ini dapat menjadi Penyebab terjadinya Insomnia.

4. Faktor kesehatan dan obat obatan

Gangguan terhadap kesehatan kita atau karena sesuatu penyakit dapat menyebabkan anda mengalami susah tidur.Ini mungkin saja terjadi ketika anda sakit dan mengkonsumsi obat obatan tertentu maka terjadi efek susah tidur yang muncul dari efek samping obat obatan tersebut.

Cara menghilangkan Insomnia secara cepat dan efektif

Kenali apa penyebab Insomnia anda,hal ini penting,tanpa mengetahui penyebabnya maka akan sulit menyembuhkan Insomnia anda.Setelah anda mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan anda Insomnia maka langkah selanjutnya anda akan bisa menentukan cara apa yang cocok untuk menghilangkan Insomnia anda.

Terapi secara psikologi untukmerubah cara berpikir,bisa menjadi solusi untuk menghilangkan Insomnia.Ditunjang pemberian obat obatan untuk tidur adalah terapi sementara di awal untuk mempermudah anda beristirahat.

Jika anda mengalami gejala Insomnia diatas maka sebaiknya anda memeriksakan kepada dokter anda untuk mendapatkan solusi terbaiknya.

Nah itulah pembahasan mengenai Gejala Insomnia beserta penyebab dan sedikit masukan cara untuk mengatasinya.