Minggu, 13 Mei 2018

Cara Mengetahui Nomor ICCID Lewat Smartphone Anda


Cara mengetahui kode nomor ICCID lewat smartphone - Seiring semakin canggihnya teknologi, cara registrasi karut pun menggunakan nomor ICCID dari nomor kartu SIM yang digunakan. Saat ini untuk dapat menggunakan kartu harus melakukan registrasi dengan KTP, NIK atau kartu keluarga. Selain itu, seperti pada kartu tree kita harus melakukan registrasi dengan nomor ICCID. ICCID merupakan kependekan dari Integrated Circuit Card Identifier. Lalu bagaimana cara mengetahui nomor ICCID melalui smartphone?


Nomor ICCID memberikan informasi mengenai identitas kartu SIM, identitas pembuatan, kode negara, identitas penerbit, nomor akun SIM dan hal lain yang telah diatur sesuai standar ITU-T E.118. Saat ini telah banyak aplikasi yang disediakan untuk kita dapat melihat nomor ICCID dari kartu SIM. Bagi mereka pengguna android  anda bisa mendownlodnya di Google Play Store. 

cara mengetahui nomor iccid

Setelah terinstal, kita menggunakannya dengan membuka aplikasi tersebut. Selanjutnya, kita harus mengizinkan beberapa akses aplikasi ke perangkat.  Hal ini bertujuan untuk melihat nomor seri ICCID kartu SIM yang ia punya. Nomor seri ICCID yang ditampilkan merupakan nomor seri dari kartu SIM yang terpasang di dalam perangkat anda. Nomor seri yang ditampilkan akan dilengkapi dengan identitas lengkap hingga 19 karakter.

ICCID merupakan nomor ic yang berasal dari kartu sim prabayar. Biasanya nomor ini tertera di belakang. Jika sudah mengetahui maka kita bisa langsung menyimpannya. Namun, jika belum berikut adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk mengetahui nomor ICCID. ICCID ada sekitar 16 digit dan biasanya untuk registrasi kartu sim hanya memerlukan 4 angka terakhir. Contohnya adalah untuk pendaftaran ulang pada kartu tri.

Ada dua cara yang dapat kita ketahui untuk mengecek nomor ICCID anda, berikut adalah langkah – langkah yang dapat kita gunakan untuk mengecek nomor tersebut:

Pertama, cara mengetahui nomor ICCID adalah sebagai berikut:
1. Mengunduh aplikasi bernama iccid yang dibuat oleh olianet atau bisa diperoleh di playstore  ICCID.
2. Setelah diunduh silahkan instal aplikasi dan dibuka
3. Ketika anda membuka aplikasi iccid secara otomatis akan ada nomor ICCID yang kita miliki.
4. Silahkan kopi dan simpan di notepad  untuk mengaamankan ketika aplikasi ini mau anda hapus

Kedua, cara mengetahui kode nomor ICCID adalah sebagai berikut:
Pertama pilih menu kemudian pilih setting lalu about. Selanjutnya adalah phone identity dan IMEI information yang berisi nomor ICCID. Catat dan simpan baik - baik nomor ICCID anda.

Setelah mengetahui cara untuk melihat nomor ICCD sekarang kita akan mempraktekkannya untuk melakukan registrasi kartu perdaan sebelum kita gunakan. Cara melakukan pendaftran pun mudah, yaitu melaui SMS, melallui laman dari operator, atau pun datang ke gerai. Cara pendaftaran dapat dilakukan dengan mengirim SMS ke no  4444.

Format Pendaftarannya adalah sebagai berikut:
  1. Kartu Telkomsel : ULANG16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  2. Kartu XL axiata : ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  3. Kartu indosart : ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
Nah itulah cara mengetahui kode nomor ICCID lewat smartphone anda,mudah bukan ? so..jangan bingung lagi ya.

Video cara mengetahui nomor iccid