Kamis, 03 Maret 2016

Cara Mengolah Kembang Tahu Dengan Sup Bakso

Cara Mengolah Kembang Tahu Dengan Sup Bakso - Melihat perkembangan inovasi yang semakin maju dalam segala aspek, kini makanan atau kuliner pun tidak mau kalah. Bertambahnya kuliner makanan dan resep makanan muncul, kini sudah terdapat makanan yang dikolaborasikan dengan bahan atau bumbu yang bervariasi. Salah satu makanan yang sering dikreasikan adalah sup dengan kembang tahu. Cara mengolah kembang tahu menjadi sup memang sangat mudah hanya seperti memasak sup-sup pada umumnya. Sedangkan, kembang tahu sendiri merupakan nama yang diambil dari bahan dasar yang terdiri dari lapisan tipis pada permukaan dari susu kedelai yang sudah dipanaskan dan dikeringkan. Namun dengan mengolaborasikan makanan dengan kembang tahu, tampilannya akan terlihat cantik.

cara membuat kembang tahu sendiri,cara membuat kembang tahu dari susu kedelai,cara membuat kembang tahu singapura,cara membuat kembang tahu goreng,cara membuat kembang tahu dingin,
Baca juga: Cara Mengolah Susu Murni Menjadi Ice Cream

Manfaat Kembang Tahu Untuk Kesehatan

Perlu Anda tahu bahwa kembang tahu merupakan hasil olahan makanan dari susu kedelai yang mempunyai manfaat bagi tubuh yang sangat tinggi dan baik. Bahkan panganan ini sudah banyak digunakan di berbagai rumah sakit, sebab kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat baik bila dikonsumsi oleh pasien. Apalagi yang baru saja menjalani operasi untuk pemulihan kesehatan.

1. Melancarkan ASI

Di negara Jepang, kembang tahu merupakan makanan populer karena manfaatnya bisa digunakan untuk merangsang dan memperlancar ASI untuk wanita setelah melahirkan. Sehingga wanita setelah melahirkan disarankan untuk mengkonsumsi ini.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi dan diare

Kandungan zat letisin yang ada dalam kembang tahu sangat dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan diare. Sehingga sangat baik bila dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Penderita diare pun disarankan untuk mengkonsumsi kembang tahu karena akan memperlancar gangguan pencernaan.

cara membuat kembang tahu sendiri,cara membuat kembang tahu dari susu kedelai,cara membuat kembang tahu singapura,cara membuat kembang tahu goreng,cara membuat kembang tahu dingin,

Cara Membuat Sup Bakso Kembang Tahu

Sop bakso kembang tahu mungkin akan menjadi menu atau sajian terbaru di dalam keluarga ynag harus dicoba, karena cara mengolah-nya mudah dan hasilnya pun memuaskan. Berikut cara mengolah kembang tahu dengan tambahan sup dan bakso:

Bahan Cara Mengolah Sup Bakso Kembang Tahu

1. 50 gram kembang tahu ynag simpul
2. 10 butir bakso ikan
3. 1 batang daun bawang
4. 1 buah daun bombay
5. 1 cm jahe
6. 2 sendok makan minyak
7. 50 gram zukini
8. 50 gram wortel
9. 500 ml kaldu ayam

Cara Mengolah Bumbu sup bakso kembang tahu:

1. ½ sendok teh penyedap rasa
2. 1 sendok teh garam
3. 1 sendok teh merica
4. 3 siung bawang putih
5. Gula pasir secukupnya

Cara mengolah kembang tahu dengan sup bakso:

1. Pertama-tama, rebus kaldu ayam ynag sudah disiapkan bersama bakso serta jahe sampai mendidih dan sisihkan.
2. Kemudian, panaskan minyak serta tumis bawang putih dan bawang bombay sampai tercium aroma ynag harum.
3. Selanjutnya masukkan bumbu ynag sudah ditumis ke air kaldu serta rebus kembali.
4. Masukkan sayuran seperti wortel dan zukini, aduk sampai merata serta tunggu sampai wortel lunak sedikit.
5. Masukkan kembang tahu serta daun bawang lalu tambahkan merica, penyedap rasa garam dan gula pasir.
6. Sup kembang tahu siap untuk sajikan.

Tips Sebelum Menggunakan Kembang Tahu Untuk Masakan

Kembang tahu banyak dijual di pasaran dalam bentuk ynag kering, lembaran tipis, diikat maupun digulung. Agar kembang tahu lebih enak dan teksturnya mudah dibentuk menjadi sajian makanan ynag diinginkan, berikut ada tips untuk mengolah kembang tahu agar mudah dibentuk:

1. Sebelum kembang tahu digunakan, rendam kembang tahu dahulu dengan air panas atau air biasa. Bila ingin cepat melunakkannya gunakanlah air ynag panas.
2. Bila kembang tahu digunakan sebagai kulit ynag bisa digulung. Gunakanlah kembang tahu lembaran ynag masih utuh lalu direndam.
3. Karena kadar air kembang tahu sangat rendah, makan kembang tahu hanya bisa bertahan selama 4 hingga 6 bulan apabila disimpan di dalam ruangan pendingin.
4. Jika ingin menyimpannya dalam waktu ynag relatif lama maka sebaiknya hindarkan dari bahan cair, sebab kembang tahu mudah menyerap air dan jamur.

Demikian cara mengolah kembang tahu dengan sup bakso yang enak. Selain rasanya enak, mengkonsumsi kembang tahu akan membuat Anda menjadi sehat. Makanan ini sebaiknya dikonsumsi selagi masih panas. Selamat mencoba.