Kamis, 25 Februari 2016

Cara Mengolah Fosil Kayu Menjadi Kerajinan Layak Jual

Cara Mengolah Fosil Kayu Menjadi Kerajinan - Kayu mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali, misalnya adalah untuk membuat rumah, membuat kursi membuat meja dan lain sebagainya. Akar kayu juga mempunyai khasiat untuk pengobatan. Bahkan hingga fosil kayu pun mempunyai manfaat yang sangat banyak. Bagi orang yang tidak mengetahui manfaat fosil kayu, ia akan membuangnya begitu saja atau bahkan di bakar sebagai bahan masak.

khasiat batu fosil kayu,jual fosil kayu,cara mengolah fosil kayu menjadi batu akik,mencari fosil kayu di semua pilihan,fosil kayu sungkai,khasiat fosil kayu sungkai,khasiat batu sepah kayu,
Baca juga: Cara Mengolah Ikan Patin Dengan Bumbu Kuning
Cara mengolah fosil kayu sendiri sangat jarang orang yng bisa, tetapi bagi orang yng sudah mahir dalam cara mengolah fosil kayu ini, ia bisa mendapatkan uang hingga miliaran rupiah. Bagaimana tidak, saat ini pengrajin fosilkayu sangat dihargai karyanya. Misalnya fosilkayu yng dijadikan hiasan atau karya seni, nilainya bisa mencapai jutaan bahkan milyaran rupiah. Ada juga fosilkayu yng dijadikan mebel untuk perabot rumah tangga. yng jelas, fosilkayu bagi orang yng bisa cara mengolah nya, akan menghasilkan banyak keuntungan.

Dikatakan sebagai fosil karena rata-rata kayu yng dijadikan kerajinan tersebut usianya mencapai ratusan tahun. Bahkan umur dari fosilkayu tersebut melebihi rata-rata umur manusia. Hal inilah yng kemudian menjadi kayu semakin bernilai tinggi. Misalnya saja fosilkayu jati yng usianya 500 tahun, ia tidak akan membusuk apabila direndam di dalam air. Justru kayu jati tersebut akan menjadi semakin kuat dan kokoh bahkan bisa memiliki bentuk yng sangat artistik.

khasiat batu fosil kayu,jual fosil kayu,cara mengolah fosil kayu menjadi batu akik,mencari fosil kayu di semua pilihan,fosil kayu sungkai,khasiat fosil kayu sungkai,khasiat batu sepah kayu,

Ada juga kayu jati ynag sudah direndam di dalam air hingga puluhan tahun mempunyai motif sebagaimana motif dalam batu akik. Hal ini bukan tidak mungkin, karena sudah banyak orang ynag membuktikan bentuk dari pada fosilkayu tersebut. Bahkan hasil kerajinan dari fosil kayu ini sudah banyak ynag di ekspor ke luar negeri dengan jangkauan harga ynag lebih tinggi. Orang luar negeri justru sangat tertarik dengan ynag namanya olahan fosil kayu ini dari pada kayu mentah atau kayu ynag usianya masih muda.

Bagi pengrajin fosilkayu, yang paling diincar adalah bagian dalam dari fosilkayu itu sendiri. Sementara bagian luarnya hanya untuk kerajinan yang nilai jualnya lebih murah. Bagi para pengrajin, kandungan yg ada di dalam fosil kayu lebih memiliki nilai estetika tinggi sehingga mampu mempunyai daya tawar yang tinggi pula bagi bangsa asing. Di dalam fosilkayu terdapat batu akik es yg bisa dijadikan hiasan atau kesenian dengan nilai jual sangat tinggi.

Kandungan mineral silikat yang berada di dalam fosil kayu tersebut pada umumnya sudah tidak berbentuk kayu lagi, akan tetapi lebih menyerupai bebatuan alam. Kalau orang awam menyebutnya sebagai bahan dasar batu akik. Untuk mendapatkan fosilkayu ini rata-rata berada di daerah Kalimantan, di pedalaman hutan, di dasar sungai daerah Banten dan Sumatera dan berbagai daerah lain yang mempunyai kekayaan alam berupa kayu. Ketika fosilkayu ini diangkat dari kedalaman 3-5 meter, bentuknya sudah tidak lagi berupa kayu, tetapi seperti bebatuan yng berwarna coklat.

Adapun Cara Mengolah Fosil Kayu Berikut Ini

1. Siapkan fosilkayu yang sudah diangkat dari ke dalam 3-5 meter tersebut.
2. Potonglah fosil kayu tersebut menjadi lebih kecil untuk memudahkan Anda dalam mengolah fosilnya.
3. Kupaslah kulit fosilkayu hingga Anda mendapatkan bagian tengahnya.
4. Setelah menemukan bagian tengahnya, pilihlah yang mempunyai motif paling unik dan menarik karena hal itu juga berpengaruh terhadap penjualan fosilkayu ini nantinya.
5. Cucilah fosil kayu yang sudah dipilih tersebut dengan menggunakan air keras untuk mengetahui apakah fosil tersebut layak di jadikan kerajinan atau tidak.
6. Setelah itu, poleslah fosil tersebut dengan menggunakan amplas kasar.
7. Ketika memoles, bentuklah fosilkayu tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan.
8. Ketika sudah hampir final, poles lagi dengan menggunakan amplas halus untuk hasil yg lebih maksimal.
Proses cara mengolah fosil kayu menjadi kerajinan layak jual ini membutuhkan waktu yang agak lama. Untuk hasil yang lebih maksimal, biasanya proses pengolahan mencapai 6 bulan. Setelah 6 bulan, biasanya fosilkayu sudah bisa digunakan dan dipasarkan. Cara mengolah fosil kayu ini memang sedikit yang baru bisa mengerjakannya. Selain karena kekurangan bahan, orang yang mengrajin fosil juga harus mempunyai kreatifitas tinggi agar hasil kerajinanya bisa dilirik banyak orang.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search