Kamis, 25 Februari 2016

Cara Mengolah Ikan Patin Dengan Bumbu Kuning

Cara Mengolah Ikan Patin Dengan Bumbu Kuning - Ikan patin merupakan ikan yang sejenis dengan ikan lele. Tetapi, ikan patin ini mempunyai banyak daging dan pertumbuhannya juga sangat cepat. Selain itu, makanan dari pada ikan patin sendiri adalah beragam, bahkan bangkai yang sudah busuk pun bisa dijadikan makanan ikan patin. Meskipun demikian, rasa daging ikan patin ini tergolong lezat dibandingkan dengan ikan lele. Untuk itulah banyak para peternak ikan yang menanam bibit patin.

cara mengolah ikan patin agar tidak amis,cara membuat pindang ikan patin,cara memasak ikan patin bakar,cara membuat pepes ikan patin,cara memasak ikan patin untuk bayi,
Baca juga: Cara Mengolah Ikan Tuna Rica-Rica
Diberbagai rumah makan berskala besar, ikanpatin sudah pasti tidak akan pernah ketinggalan. Rumah makan selalu menyediakan menu ikan patin yang bisa ditumis maupun di bakar. Biasanya, ikanpatin lebih enak apabila ditumis dan dicampur dengan pete. Terlebih apabila ada sambalnya, bersama ikanpatin, nasi akan cepat habis. Di daerah pesisir, ikanpatin saat ini sudah menjadi primadona yng hampir setara dengan ikan bandeng. Harga perkilonya juga cukup terjangkau.

Disamping itu, cara mengolah ikan patin ini juga tidak terlalu rumit. Hanya saja, ketika ikanpatin digoreng, Anda harus sedikit lebih lama dalam proses penggorengan ini karena ikanpatin mempunyai tekstur tubuh keras sebelum di goreng. Sehingga butuh waktu yng agak lama untuk menggorengnya agar bagian dalam daging juga ikut matang. Begitu juga ketika ikanpatin di panggang, perlu waktu yng cukup lama.

cara mengolah ikan patin agar tidak amis,cara membuat pindang ikan patin,cara memasak ikan patin bakar,cara membuat pepes ikan patin,cara memasak ikan patin untuk bayi,

Yang paling banyak diminati dari olahan ikan patin ini adalah ketika dimasak dengan bumbu kuning atau bumbu kunyit. Perlu diketahui juga bahwa ikan patin merupakan ikan yng tergolong mempunyai bau amis menyengat. Sehingga orang yang tidak terbiasa dengan ikan patin ini, ia akan merasa mual dan muntah ketika mencium bau ikanpatin. Tetapi bagi orang yang sudah tahu bagaimana cara mengatasi bau amis pada ikan patin tersebut, ia justru akan semakin lahap ketika memakan daging patin tersebut. Untuk itulah bumbuu kunyit merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bau amis pada ikanpatin. 

Bumbu kuning ini sudah bukan hal yng baru, di warung makan sudah pasti ada yang namanya masakan bumbuu kuning. Atau lebih jelasnya, di warung Padang biasanya terdapat masakan bumbu kuning. Cara mengolah ikan patin dengan bumbu kuning ini pun tergolong mudah dan praktis. Selain itu juga akan menghasilkan rasa yng sangat lezat, karena bau amis patin sudah tidak ada lagi. Yng ada hanyalah aroma bumbu kuning yng didominasi oleh kunyit tersebut.

Bahan-bahan Mengolah Ikan Patin Bumbu Kuning

• 1 batang yang sudah dimemarkan
• 3-4 ekor untuk satu keluarga
• Usahakan ikan patin sudah dibersihkan isi perutnya
• sereh Lengkuas, memarkan
• Jeruk nipis sebanyak 1 buah
• Sediakan daun salam sebanyak 2 lembar
• Sediakan cabe merah besar sebanyak 4. Belahlah cabe tersebut lalu buang isinya dan potong menyerong.
• Tomat sebanyak 2 buah. Usahakan tomat sudah diiris masing-masing menjadi 4 bagian
• Sediakan daun bawang secukupnya yang sudah di potong kecil-kecil
• ½ sendok garam
• Minyak goreng
• 400 ml santan
• Bawang putih sebanyak 3 siung
• Bawang merah sebanyak 6 siung
• Ketumbar sebanyak 1 sendok makan
• Kunyit secukupnya
• Kemiri sebanyak 2 biji

Cara mengolah ikan patin:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tuangkan garam dan perasan jeruk nipis pada ikanpatin agar bau amisnya hilang. Rendam selama 15 menit.
2. Setelah itu, siapkan wajan untuk menggoreng ikanpatin, jangan lupa minyak di panaskan terlebih dahulu.
3. Setelah selesai menggoreng ikanpatin, selanjutnya tumislah bumbu yang sudah dihaluskan hingga setengah matang.
4. Tambahkan pula santan, gula, garam, tomat iris, daun salam, sereh, daun bawang, ke dalam tumis bumbu.
5. Masukkan ikanpatin yang sudah matang, lalu tutuplah wajan agar bumbu-bumbunya meresap ke dalam ikanpatin.
6. Tunggu hingga mendidih dan matang.
Cara mengolah ikan patin diatas tentunya sangat mudah sekali untuk dipraktekkan. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat gampang untuk didapatkan di pasar atau warung terdekat. Bagi Anda yang ingin memasak ikan patin dengan bumbu kuning, resep diatas sangat cocok sekali untuk Anda. Nah, sekali lagi, selamat mencoba menghidangkan sajian nikmat berbahan dasar ikan patin.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search