Jumat, 19 Februari 2016

Cara Mengolah Daun Kelor sebagai Obat Berbagai Macam Penyakit

Cara Mengolah Daun Kelor sebagai Obat - Berbicara tentang dunia tanaman, Indonesia memang gudangnya berbagai macam tanaman dengan bermacam-macam khasiat. Salah satu tanaman tersebut adalah tanaman kelor. Daun pada tanaman kelor ini sering dicari oleh masyarakat sebagai bahan dasar membuat racikan obat tradisional. Daun kelor atau Moringa Oleifera ini berwarna hijau dan berbentuk bulat lonjong. Anda mungkin akan langsung mengenalinya saat melihat daun kelor ini. Cara mengolah daun kelor akan menjadi informasi yang sangat penting bagi masyarakat sebagai sumber pengetahuan yang akan menambah wawasan mereka dalam hal pemanfaatan daun kelor.

cara memasak daun kelor yang benar,daun kelor penangkal ilmu hitam,cara mengolah daun kelor untuk diabetes,cara mengolah daun kelor untuk kanker,cara membuat jus daun kelor,
Baca juga: Cara Mengolah Data Kuesioner dengan Excell Add In
Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengolah daun kelor, sebaiknya kita juga mengetahui terlebih dahulu manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi daun kelor itu sendiri. Beberapa manfaat daun kelor tersebut dan cara mengolahnya, antara lain.

Olahan Daun Kelor Untuk Obat Berbagai Macam Penyakit

1. Sebagai obat sakit kuning

Salah satu manfaat daun kelor adalah sebagai obaat sakit kuning. Anda dapat memanfaatkan daunkelor sebagai obat sakit kuning dengan cara menyiapkan beberapa bahan, antara lain: daun kelor 1 gagang, madu 1 sendok makan, dan air kelapa sebanyak 1 gelas. Setelah semua bahan siap, kini saatnya bagi Anda untuk mengolah bahan-bahan tersebut menjadi obaat yang ampuh untuk sakit kuning. Bagaimana caranya?

Caranya adalah Anda harus membersihkan daun kelor yang telah Anda siapkan dengan menggunakan air hingga benar-benar bersih. Selanjutnya, haluskan daun kelor tersebut dengan cara menumbuknya hingga halus. Setelah itu, ambil air kelapa lalu masukkan tumbukan daunkelor ke dalam air kelapa. Jangan lupa untuk menambahkan madu dan aduk ketiga bahan tersebut hingga tercampur dengan rata. Langkah terakhir adalah memisahkan ampas dan air dengan cara menyaringnya. Air hasil saringan tersebut akan menjadi obaat sakit kuning yang ampuh.

2. Sebagai obat reumatik, nyeri sendi, pegal linu, dan asam urat

Selanjutnya, daun kelor ternyata juga dapat meredakan dan menyembuhkan sakit reumatik, nyeri sendi, pegal linu, dan asam urat. Kandungan fosfor, kalsium, dan vitamin yang terdapat di dalam daunkelor dapat membantu meringankan sakit yang diderita oleh penderita reumatik, nyeri sendi, pegal linu, dan asam urat. Bagaimana cara mengolah daun kelor untuk menjadi obaat untuk penyakit-penyakit tersebut?

Untuk memanfaatkan daunkelor sebagai obbat reumatik, nyeri sendi, pegal linu, dan asam urat, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang disarankan, yaitu pertama Anda harus menyiapkan daun kelor sebanyak 3 tangkai dan kapur sirih 1/2 sendok. Selanjutnya haluskan kedua bahan tersebut. Setelah itu, Anda harus mengoleskan ramuan tersebut pada bagian yang sakit. Sebaiknya Anda melakukan aktivitas ini dengan teratur sehari 2 kali.

cara memasak daun kelor yang benar,daun kelor penangkal ilmu hitam,cara mengolah daun kelor untuk diabetes,cara mengolah daun kelor untuk kanker,cara membuat jus daun kelor,

3. Sebagai obat untuk rabun ayam

Daun kelor ternyata juga bermanfaat untuk menjadi obat rabun ayam. Rabun ayam merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan si penderita rabun saat senja tiba. Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk mengolah daun kelor menjadi obat rabun senja antara lain: daun kelor 1 gagang, madu secukupnya, dan air panas 1 gelas.

Cara mengolah daun kelor untuk membuat ramuan obat rabun senja dari daun kelor adalah mencuci daun kelor dengan menggunakan air hingga bersih. Selanjutnya tumbuk daunkelor hingga halus dan masukkan ke dalam air panas. Aduk-aduk hingga tumbukan daun kelor dan air panas tercampur. Tunggu hingga agak dingin dan tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan tersebut dengan teratur dan Anda akan merasakan hasilnya.

4. Sebagai obat jerawat

Bagi Anda yang concern akan kecantikan wajah, daun kelor juga memiliki khasiat untuk menjaga wajah Anda tetap bersih dan terbebas dari jerawat. Yeah, daunkelor dapat menjadi obat jerawat alami yang tentu tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Untuk membuat obat jerawat dengan memanfaatkan daunkelor, beberapa bahan yang harus Anda siapkan adalah daun kelor dan air hangat.

Untuk mengolah daun kelor sebagai obat jerawat pun cukup mudah. Anda cukup menghaluskan daun kelor yang telah Anda siapkan, namun jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan wajah Anda dengan menggunakan air hangat. Langkah selanjutnya gunakan daun kelor yang telah dihaluskan sebagai masker dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah Anda. Tunggu hingga masker daun kelor mongering, kurang lebih 20 menit. Lalu bersihkan menggunakan air dingin hingga permukaan wajah Anda bersih.

Demikianlah beberapa cara mengolah daun kelor untuk beberapa pengobatan yang berbeda. Daun kelor yang mungkin dianggap tidak bermanfaat ternyata memiliki manfaat yang cukup besar. Untuk itu, selalu tingkatkan pengetahuan Anda tentang cara pengolahan obat tradisional.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search