Jumat, 19 Februari 2016

Cara Mengolah Data Kuesioner dengan Excell Add In

Cara Mengolah Data Kuesioner dengan Excell Add In - Data sangat diperlukan dalam sebuah proses penelitian. Penelitian tersebut tidak akan mungkin dapat dilakukan tanpa adanya data yang diambil dari sampel maupun populasi tertentu. Pada dasarnya ada beberapa metode yang dapat digunakan peneliti untuk melakukan pengumpulan data, antara lain dengan melalui interview atau wawancara, dengan melakukan observasi secara langsung, dengan memanfaatkan kuesioner, dan lain sebagainya. Dari berbagai cara pengumpulan data tersebut, nampaknya kuesioner lebih sering digunakan oleh para peneliti. Cara mengolah data kuesioner pun dinilai lebih mudah dan cepat.

cara mengolah data kuesioner dengan excel,cara mengolah data kuesioner dengan spss,cara mengolah data kuesioner dengan spss 20,cara mengolah data kuesioner dengan spss 16,kedalam spss,

Baca juga: Mengolah Kerang dan Memasak Tumis Kentang

Untuk mengetahui lebih dalam tentang datakuesioner, ada baiknya jika kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengn datakuesioner? Data kuesioner merupakan salah satu instrument penelitian yang biasanya berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengn data yang ingin diperoleh. Sebagai salah satu instrument penelitian, pengambilan data dengn menggunakan kuesioner ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kekurangan dan Kelebihan Instrument Penelitian Kuesioner

1. Kelebihan Instrument Penelitian Kuesioner

Jika Anda menggunakan kuesioner sebagai instrument dalam pengambilan data penelitian, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan kuesioner adalah bahwa peneliti tidak harus terjun langsung ke lokasi penyebaran kuesioner. Peneliti dapat menitipkan kuesioner pada pihak yang bertanggung jawab di lokasi tersebut, misalnya jika lokasi tersebut di sekolah, Anda dapat menitipkannya ke wali kelas.

Selanjutnya, pengambilan data melalui kuesioner tidak akan memakan banyak waktu. Hal ini karena Anda dapat membagikan kuesioner secara bersama-sama kepada seluruh responden. Pengisian kuesioner paling lama hanya memerlukan waktu 10 menit. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu Anda. Selain itu, responden juga lebih bebas dalam menjawab pertanyaan dan tidak perlu ada yang disembunyikan. Hal ini karena responden tidak perlu mencantumkan namanya pada lembar kuesioner.

2. Kekurangan Instrument Penelitian Kuesioner

Selain memiliki kelebihan, kuesioner juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan kuesioer adalah peneliti tidak dapat mengetahui apakah jawaban yang diberikan responden benar-benar nyata atau tidak. Dengn demikian, peneliti akan kesulitan dalam menentukan apakah data tersebut valid atau tidak. Selain itu, responden kadang melewatkan untuk menjawab satu atau dua pertanyaan. Hal ini tentu akan mempengaruhi validitas data yang diperoleh.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan pengambilan data dengn menggunakan instrument kuesioner, sekarang penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengolah data kuesioner. Pada dasarnya datakuesioner dapat diolah dengan menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah dengn menggunakan Excell Add In.

Mengolah data Kuesioner dengan Menggunakan Excel Add In

Untuk mengolah data kuesioner dengan menggunakan Excell Add In, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini, antara lain:
1. Langkah pertama, Anda harus menyiapkan data yang telah Anda entri pada sheet1 Ms. Excel 2010/2013.
2. Setelah itu, Andaa harus mengaktifkan userform yang berasal dari Tab My ESI, kemudian pilih Group Data Kuesioner, dan selanjutnya pilih DF Jawaban.
3. Langkah selanjutnya, Anda masuk “Data Coding”, lalu Anda harus memasukkan data yang sudah Anda entri. Kemudian pilih “range” atau ketik “Sheet1!$B$3:$G$18.
4. Setelah itu, Anda masuk ke “Data Pernyataan Kuesioner” kemudian Anda harus mengentri data pertanyaan. Caranya, Anda masuk ke useform dan pilih range.
5. Selanjutnya, masuk ke “Sell Output kemudian Andaa sebaiknya memilih satu sel. Kemudian, pilih yang 5 skala. Hal ini karena Anda akan menggunakan jawaban yang 5 tingkat.
6. Setelah itu klik “buat” dan akan muncul hasil pengolahan data kuesioner yang berisi beberapa data, yaitu pertanyaan, alternatif jawaban, jumlah responden yang memilih jawaban tersebut, nomor, dan jumlah responden yang memilih jawaban tersebut dalam bentuk persen.
Demikianlah informasi penting tentang instrument penelitian berupa kuesioner, kekurangan dan kelebihannya, serta cara mengolah data kuesioner. Anda dapat mengolah data dengn menggunakan Excell Add In. Namun, Anda juga dapat memilih aplikasi-aplikasi lain yang sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat, seperti IBM SPSS v 20, dan lain sebagainya. Salah satu tujuan dari pengambilan data menggunakan kuesioner tersebut adalah memperoleh data yang valid. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa Andaa telah mendapatkan data valid atas apa yang Anda teliti.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search