Sabtu, 20 Februari 2016

Cara Mengolah Kerang dan Memasak Tumis Kentang

Cara Mengolah Kerang dan Memasak - Cara mengolah kerang agar tidak keracunan. Kerang adalah sejenis seafood lezat serta memiliki kandungan gizi yang begitu banyak, dengan begitu sangat dianjurkan agar dikonsumsi. Akan tetapi, kita harus berhati-hati ketika mengolah kerang sebab hidangan yang satu ini dapat menimbulkan keracunan jika tidak diolah dengan baik. Agar terhindar dari keracunan atau hal-hal yang tidak diinginkan ketika mengkonsumsi kerang, maka kita harus memperhatikan cara memasak dan mengolah kerang seperti di bawah ini!

cara mengolah kerang laut,cara membersihkan kerang,cara mengolah kerang agar tidak amis,cara mengolah kerang dara,cara mengolah kerang air tawar,cara mengolah kerang ijo,
Baca juga: Cara Mengolah Kacang Mete Goreng Renyah

A. Tips Memilih Kerang Dara

1. Tidak Cacat Bagian Cangkangnya

Cangkang pada kerang sejatinya berfungsi untuk melindungi tubuh kerang bagian dalam yang bertekstur lunak. Bila cangkang pada keraeng dalam keadaan retak atau pecah, maka sebaiknya tidak dimasak atau dikonsumsi. Adapun cangkang kereang yang sudah retak ini bisa memungkinkan bahwa bakteri dan kuman telah masuk dan mengkontaminasi dagingnya. Untuk itu, sebaiknya jangan mengkonsumsi atau memasak keraeng yang cangkangnya sudah cacat dan tak layak untuk dimakan.

2. Bagian Cangkang Mengatup

Dalam cara mengolah kerang, sebelum Anda memasaknya sebaiknya Anda memilih kereang yang cangkangnya tertutup rapat. Hal ini menandakan bahwa kereang tersebut masih hidup serta bereaksi untuk melindungi dirinya sendiri. Bila cangkang dalam keadaan sedikit terbuka, bisa mencoba untuk menyentuh kerang tersebut lalu lihat reaksi kereang tersebut apakah diam saja ataukah menutup. Bila menutup hal ini berarti kerang dalam kondisi yang masih sehat.

3. Pilih Kerang Beraroma Segar

Untuk memilih kerang yang higienis dan masih sehat, pastikan aroma keraang tersebut masih segar. Adapun caranya cukup dengan mencium aroma kerang yang hendak dipilih. Bila berbau laut atau masih segar, dengan begitu kereang dalam kondisi yang sehat dan bisa dikonsumsi. Berbeda halnya jika kerang sudah berbau busuk atau pesing, sebaiknya tidak dikonsumsi ataupun diolah.

4. Cara Memasak Kerang

Cara mengolah kerang dengan baik adalah melalui ditumis atau direbus. Melalui cara tersebut Anda dapat memperhatikan reaksi dari kerang tersebut. Bila cangkang keerang yang awalnya menutup kemudian membuka, hal ini berarti bahwa kerang tersebut sehat, sehingga tak akan menyebabkan keracunan. Berbeda halnya bila keerang tersebut dalam keadaan tertutup saja, dengan begitu keerang tersebut sudah mati semenjak kerang belum di masak.

Untuk menghindari terjadinya keracunan, sebaiknya Anda memperhatikan tips-tips cara mengolah kerang dengan tepat seperti di atas. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba memasak keerang ada tips resep yang tepat untuk Anda di bawah ini!

cara mengolah kerang laut,cara membersihkan kerang,cara mengolah kerang agar tidak amis,cara mengolah kerang dara,cara mengolah kerang air tawar,cara mengolah kerang ijo,

B. Resep Tumis Kerang Lezat dan Praktis

Sebelum lanjut memasak tumis keraang ini, Anda harus memperhatikan cara mengolah kerang dan membersihkan keerang terlebih dulu. Bila membeli keraang dengan cangkang yang masih utuh, sebaiknya lepaskan terlebih dulu daging keerang tersebut dari cangkangnya. Kemudian bilas keraang sampai bersih memakai air yang mengalir, kemudian buang rambut pada kerang yang melekat pada bagian mulut kereang yang berada di tengah. Lalu cuci lagi memakai air mengalir sampai bersih. Kereang termasuk sumber protein dan zink yang begitu baik untuk tubuh. 

Akan tetapi, pada kerang pula terdapat asam purin cukup tinggi dengan begitu untuk Anda dengan keluhan asam urat, ada baiknya untuk tak mengkonsumsi kerang. Nah, bagi Anda yang tidak mengalami keluhan asam urat, bisa mengkonsumsinya. Berikut ini tips resep tumis kerang praktis dan lezat untuk Anda coba:

Bahan-bahan yang digunakan:

• 300 gram kerang berwarna hijau yang siap olah lalu cuci sampai bersih dan tiriskan
• 1 sdt garam
• ½ sdt terasi
• 2 buah cabai hijau berukuran besar, lalu iris serong
• 1 batang serai, lalu memarkan
• 200 air
• 3 sdm minyak goreng
• 5 buah tomat muda, potong 4 bagian
• 2 siung bawang putih, lalu iris tipis
• 4 siung bawang merah, lalu iris tipis
• 5 buah cabai merah berukuran besar, lalu iris serong

Cara mengolah kerang dengan di tumis:

1. Pertama-tama rebus air sampai mendidih lalu matikan api. Kemudian masukkan keerang bersih yang sudah dicuci dengan serai dan garam. Diamkan 20 menit lalu tiriskan.
2. Panaskan minyak goreng pada wajan, lalu tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, lalu tambahkan tomat, kerang, terasi dan cabai ke dalamnya. Kemudian tumis sampai kerangnya matang lalu angkat dan sajikan.

Nah, itulah beberapa langkah cara mengolah kerang berikut resep membuat tumis kerang praktis dan lezat. Kerang mengandung mineral yang lebih mudah diserap tubuh daripada mineral pada makanan sejenis dari kacang-kacangan. Sehingga kerang sangat efektif jika dikonsumsi bagi orang sakit!
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search