Jumat, 19 Februari 2016

Cara Mengolah Buah Naga Menjadi Jus dan Pudding

Cara Mengolah Buah Naga Menjadi Jus dan Pudding - Buah naga adalah jenis buah yang dihasilkan oleh beberapa jenis tanaman kaktus yang bermarga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini sangat eksotis karena kulitnya seperti memiliki sisik yang besar ala hewan mitologi naga sehingga buah ini dinamakan buah naga. Buah naga bisa dimakan secara langsung tapi akan lebih enak jika diolah terlebih dahulu. Cara mengolah buah naga juga tidaklah susah, Anda bisa membuatnya menjadi jus ataupun pudding sesuai dengan selera. Membuat jus buah naga daan pudding buah naga selain mudah namun juga dapat lebih meningkatkan nilai gizi dari buah naga.

cara membuat keripik buah naga,cara makan buah naga,cara membuat puding buah naga,cara membuat jus buah naga,cara mengolah kulit buah naga,manfaat buah naga,cara mengolah kulit buah naga merah,
www.albumcara.com
Kandungan gizi yang terdapat di dalam satu biji buah naga seberat 100 gram yaitu kalori sebanyak 60 kkal, protein sebanyak 0,53 gram, karbohidrat sebanyak 11,5 gram dan serat 0,71 gram. Selain itu, ada juga kalsium sebanyak 134,5 mg, fosfor 87 mg, vitamin C 0,94 mg, zat besi 0,65 mg, daan berbagai kandungan gizi yang lain. Kandungan yang paling dominan adalah air yang mencapai 90% dari berat total sehingga tidak heran jika ketika mengkonsumsi buah naga rasanya begitu berair. Dengan begitu banyaknya kandungan yang ada di dalam buah naga, maka manfaatnya pun juga sangat banyak.

Manfaat buah naga yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai sumber energi bagi tubuh, meningkatkan nafsu makan, menurunkan kolesterol daan melancarkan susah buang air besar. Selain itu, buah ini juga bagus untuk kesehatan tulang dan gigi, sebagai penangkal radikal bebas, penting untuk pembentukan hormon dan enzim, membantu menormalkan tekanan darah penderita hipertensi, daan masih banyak lagi. Agar tidak jenuh mengkonsumsi buahnaga, Anda harus bisa mengolahnya secara selang seling. Misalnya hari ini dimakan langsung, besok dibuat jus, dan besoknya lagi dibuat pudding. Dengan begitu Anda tidak akan cepat bosan daan terus memperoleh kemanfaatan.

cara membuat keripik buah naga,cara makan buah naga,cara membuat puding buah naga,cara membuat jus buah naga,cara mengolah kulit buah naga,manfaat buah naga,cara mengolah kulit buah naga merah,

Cara Mengolah Buah Naga Menjadi Jus

Jus buah naga adalah olahan berbahan dasar buahnaga yang paling sederhana dan mudah, sehingga Anda bisa langsung mempraktekkannya sendiri. Sebelum mulai membuat juss, ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan. Bahan tersebut adalah:
1. Buah naga 1 buah
2. Gula pasir 1 sendok makan
3. Madu 1 sendok makan
4. Susu kental manis sebagai pemanis tampilan
5. Air dan es secukupnya
Setelah semua bahan siap, selanjutnya Anda bisa mulai membuat juss.

Cara mengolah buah naga menjadi jus sebagai berikut:

1. Ambil buahnaga, cuci bersih lalu belah tengah kemudian kupas kulitnya
2. Potong daging buah naga menjadi empat bagian
3. Masukkan potongan buah naga ke dalam blender, tambahkan gula, madu, air, dan es secukupnya lalu blender sampai hancur.
4. Sajikan dalam gelas, beri susu kental manis di atasnya.
5. Jus buah naga siap untuk disajikan

Cara Mengolah Buah Naga Menjadi Pudding

Buah naga bisa pula diolah menjadi pudding. Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat pudding buahnaga sebagai berikut:
1. Buah naga merah 1 buah
2. Agar-agar bubuk 4 sendok teh
3. Gula 200 gram
4. Daun pandan 2 lembar
5. Air perasan jeruk nipis 1 sendok teh
6. Buah leci
7. Air bersih 600 ml
Setelah semua bahan siap, kemudian siap untuk membuat pudding buahnaga.

Cara Mengolah

1. Haluskan buahnaga dengan blender, kemudian diamkan sejenak.
2. Siapkan panci, tuang air ke dalamnya, tambahkan agar-agar bubuk, gula, daun pandan, masak sampai gula larut dan menyatu dengan agar-agar.
3. Masukkan buahnaga yang sudah diblender ke dalam panci, tambahkan air perasan jeruk nipis, lalu kecilkan apinya dan masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
4. Matikan kompor, tuang ke dalam cetakan, biarkan beberapa saat sampai agak mengeras kemudian taburi leci diatasnya. Diamkan lagi sampai mengeras.
5. Keluarkan dari dalam cetakan, dan sajikan.
Demikianlah cara mengolah buah naga menjadi jus dan pudding. Buah naga memang memiliki banyak manfaat, namun jika hanya dikonsumsi secara langsung akan cepat membuat bosan. Berikan sedikit sentuhan dengan mengolahnya menjadi jus ataupun pudding, rasanya akan lebih enak dan gizinya juga akan meningkat. Selamat mencoba.