Rabu, 24 Februari 2016

Tips Terbaik Cara Mengolah Coklat Batangan Secara Sempurna

Cara Mengolah Coklat Batangan Secara Sempurna - Cokelat, siapa tak kenal dengan makanan favorit satu ini. Cokelat begitu digemari oleh banyak orang karena memiliki rasa unik yang tidak tergantikan. Aneka jenis kudapan, makanan ringan, bahkan cake dan pudding berasa cokelat seperti tidak pernah mati memenuhi ekspektasi para penggemarnya. Dan tentu saja, hampir semua orange adalah penggemar coklat. Akan tetapi banyaknya varian jajanan cokeklat tampaknya juga membuat kita seakan dimanjakan dengan produk instan semata. Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba membuat cokelat sendiri berbahan cokeklat batangan? Cara mengolah coklat batangan menjadi kudapan unik dan lezat juga cukup simpel, kok!

cara membuat coklat batangan sendiri,cara membuat coklat batangan dari coklat bubuk,cara mengolah coklat batangan menjadi kue,cara membuat coklat batangan menjadi cair,
Baca juga: Cara Mengolah biji coklat
Coklat batangan biasa juga disebut sebagai dark coklat dan bisa Andaa dapatkan di toko-toko kue ataupun swalayan terdekat. Bahan ini sudah cukup dikenal terutama bagi para chef dan pecinta dunia bakery. Namun untuk orang awam tampaknya popularitas coklat batangan jauh berada di bawah coklat siap saji yang bermerk. Padahal, jika Anda cukup telaten dan memiliki keinginan kreatif untuk mencoba, coklat batangan juga bisa mengolah nya menjadi jajanan coklat yang tak kalah enak.

Memang untuk mengolah coklat batangan agar mudah diolah tergolong gampang-gampang susah. Akan tetapi dengan mengikuti panduan dalam artikel ini Andaa tak perlu lagi ragu untuk membuat kreasi mengolah coklat batangan. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun tidak tergolong langka alias mudah didapat. Oke, kalau begitu inilah dia langkah-langkah cara mengolah coklat batangan yang mudah, baik dan benar:

cara membuat coklat batangan sendiri,cara membuat coklat batangan dari coklat bubuk,cara mengolah coklat batangan menjadi kue,cara membuat coklat batangan menjadi cair,

Melelehkan Cokelat Batangan Dengan Mudah

• Alat dan bahan
• Cokelat batangan premium atau cokeklat blok
• Mangkok
• Spatula
• Panci
• Air secukupnya
• Cetakan cokeklat

Proses mengolah cokelat batangan:

1. Cincang dahulu cokelat batangan atau cokeklat blok yang ingin Anda lelehkan menjadi potongan-potongan kecil berbentuk dadu. Mengubah cokeklat menjadi bentuk yang lebih merupakan trik agar cokeklat yang Anda masak bisa meleleh dengan lebih rata.
2. Siapkan mangkok sebagai wadah potongan cokeklat. Usahakan mangkok benar-benar dalam keadaan kering sebelum Anda meletakkan potongan coklat di dalamnya. Kemudian siapkan pula panci berisi air dengan tinggi setengah mangkok cokelat tadi.
3. Didihkan dahulu air dalam panci menggunakan api sedang. Jika sudah mendidih, kecilkan api kemudian masukkan mangkok yang berisi potongan cokelat batangan ke dalamnya.
4. Sebisa mungkin hindarkan coklat yan g baru diolah dari air. Sebaiknya lindungi coklat Anda bahkan dari tetesan air sekalipun. Cara untuk melindungi cokeklat yang sedang dilelehkan dari air yakni dengan terus diaduk menggunakan spatula dan jangan pernah menutup panci agar uap air tidak terkumpul di bagian permukaan tutup dan bisa menetes. Bahan cokeklat batangan sangat sensitive terhadap air, karena itulah jika tercampur bisa membuat cokkelat Anda hancur dan tidak bisa membeku saat dibentuk.
5. Saat cokelat sudah masuk ke dalam panci, usahakan mengecilkan api sekecil mungkin. Meskipun memakan waktu cukup lama, api kecil dapat menjamin cokkelat blok bisa meleleh dengan halus dan rata. Jika ceroboh menggunakan api yang terlalu besar, hasil lelehan cokelat bisa menggumpal bahkan gosong.
6. Setelah cokkelat sudah meleleh dengan rata Anda bisa menambahkan gula, kacang-kacangan, dan susu bubuk, atau langsung mencetaknya di cetakan cokkelat yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
Pada usaha pertama kemungkinan besar Anda memang akan mengalami kegagalan karena belum bisa mengontrol besar api dan melindungi cokkelat dari uap air. Namun jika sudah mencoba beberapa kali, Anda pasti akan menemukan sendiri celah dimana cokelat tersebut bisa meleleh dengan sempurna. Selain dicetak menjadi bentuk-bentuk cokkelat raisin nan lucu, lelehan cokelat batangan juga bisa Anda pakai sebagai toping aneka kue seperti cake, donat, juga roti panggang. 

Itulah tadi bocoran cara mengolah coklat batangan yang baik dan benar. Tidak ada yang instan di dunia ini, namun percaya semua usaha akan membuahkan hasil yang sudah Anda nanti-nanti. Selain lebih sehat, cokelat raisin yang dibuat secara manual juga akan bermakna lebih istimewa dibandingkan dengan cokelat kemasan jika Anda kirimkan sebagai bingkisan spesial untuk orang-orang istimewa di dekat Anda.