Rabu, 24 Februari 2016

Cara Mengolah Cumi Basah Agar Tidak Amis

Cara Mengolah Cumi Basah Agar Tidak Amis - Sebagai salah satu jenis seafood favorit, wajar jika cumi-cumi hadir dalam berbagai bentuk variasi menu. Entah dibakar, ditumis, direbus, bahkan sampai dipanggang, menu berbahan dasar cumi-cumi selalu menggoda lidah para pecinta kuliner untuk kembali mencicip. Namun, kenapa ya kalau kita mencoba memasak cumi-cumi sendiri di rumah rasanya tak bisa seenak seperti menu-menu di kedai makanan seafood? Bahkan, tak jarang entah karena sebab apa cumi-cumi yang kita olah justru menguarkan bau amis yang menurunkan selera makan. Masalah seperti di atas tidak hanya menimpa Anda saja kok, karena cara mengolah cumi basah atau cumi mentah memang agak-agak khusus.

cara mengolah cumi goreng tepung,cara mengolah cumi agar tidak amis,cara mengolah cumi agar empuk,cara mengolah cumi yang benar,cara mengolah cumi agar tidak alot,cara mengolah cumi sotong,
Baca juga: Aneka Resep Cara Mengolah Daun Katuk
Seperti halnya ketika kita memasak ikan laut, kesalahan proses pengolahan akan menimbulkan bau bahkan rasa yang berbeda dari ekspektasi seharusnya. Apalagi cumi memiliki kandungan tinta yang mesti dibuang dengan hati-hati. Bagaimana cara menyiasati cumi basah agar tetap terasa segar namun tidak begitu amis ketika dimasak? Berikut rahasianya:

Mengolah Cumi-Cumi Basah Yang Praktis dan Baik

1. Segera setelah dibeli, keluarkan cumi-cumi dari wadah plastiknya untuk dipindahkan ke dalam wadah/baskom terbuka. Terlalu lama berada dalam bungkus kedap udara akan mempengaruhi kualitas daging cumi, karena akan lebih cepat membusuk. Cumi basah yang baik tidak terlalu berwarna kemerahan, dan kandungan airnya tidak banyak.
2. Bersihkan cumi dengan hati-hati mulai dari bagian dalam kepala. Keluarkan bagian mata dan juga jaringan plastik yang tersimpan membujur di dalam badan cumi. Jika Anda berniat memasaknya sebagai tumisan, Anda tidk perlu membuang kelenjar tintanya karena tinta yang berwarna hitam itu justru akan menambah rasa sedap.
3. Silahkan potong-potong cumi sesuai selera. Jika cumi basah yang Anda beli cukup kecil, bisa juga sekedar membersihkan bagian plastik dalam mata tanpa harus memotongnya.
4. Cuci bersih cumi di bawah air mengalir agar semua kotoran terbuang. Kemudian lumuri dengan perasan air jeruk dan garam halus untuk menahan bau amis sekaligus membuatnya lebih awet.
5. Cumi basah segar Anda sudah siap diolah menjadi berbagai masakan.

cara mengolah cumi goreng tepung,cara mengolah cumi agar tidak amis,cara mengolah cumi agar empuk,cara mengolah cumi yang benar,cara mengolah cumi agar tidak alot,cara mengolah cumi sotong,

Salah satu masakan cumi-cumi basah yang paling sederhana namun sangat lezat ialah tumis cumi asam jawa. Resep ini sangat mudah dan tidak membutuhkan bumbu ulek sebagai perasannya. Sebagai bonus, berikut rekomendasi resep cumi-cumi basah asam jawa, resep masakan cumi basah yang cocok bagi pemula juga pecinta menu kuliner tradisional:

Resep Tumis Cumi Basah Asam Jawa

Bahan-bahan:

• 500 gram cumi basah segar
• 7 butir bawang merah
• 5 siung bawang putih
• 5 buah cabai merah besar
• 3 cm ruas jahe
• ½ sendok teh jeruk nipis, atau bisa diganti dengan 1 butir tomat segar
• Garam secukupnya
• Gula secukupnya
• 2 sendok makan air asam jawa
• Minyak goreng untuk menumis

Cara memasak tumis cumi basah asam jawa:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah iris semua bahan bumbu yaitu, bawang putih, bawang merah, cabai, dan jahe.
2. Bersihkan cumi tanpa membuang kantung tintanya, kemudian potong-potong sesuai selera.
3. Siapkan panci penggorengan, kira-kira dengan 3 sendok makan minyak goreng. Tumis semua bahan bumbu sampai mengeluarkan bau harum atau tampak layu.
4. Susul dengan memasukkan olahan cumi, dan aduk-aduk sebentar sampai cumi tampak menghitam dan rata bersama tumisan bumbu.
5. Tunggu sekitar 3 menit, maka cumi akan mengeluarkan air, aduk-aduk dan kecilkan api.
6. Masukkan sedikit kecap (bila suka), garam, gula, dan air asam jawa. Aduk-aduk kembali.
7. Menjelang matang atau cairan cumi sudah tampak menyusut dan sedikit mengental, masukkan cincangan tomat untuk menambah citarasa. Aduk-aduk sebentar, matikan api, kemudian angkat.
8. Tumis cumi asam jawa Anda sudah siap dinikmati.
Itulah tadi tips dan juga resep untuk hari ini. Cara mengolah cumi basah sebenarnya sangat mudah, jikalau Anda memiliki kesabaran untuk mengeluarkan satu per satu lapisan plastik dalam tubuh bagian dalam cumi-cumi. Lapisan plastik ini lebih keras dari kulit udang lobster dan karena itulah bisa cukup berbahaya untuk pencernaan jika sampai tertelan.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search