Rabu, 24 Februari 2016

Cara Mengolah Buah Mahkota Dewa dan Mengawetkannya

Proses Cara Mengolah Buah Mahkota Dewa dan Mengawetkannya - Apakah Anda sering bersinggungan dengan dunia herbal? Jika iya, berarti mendengar nama tanaman mahkota dewa tentu sudah tak asing lagi di telinga Anda bukan? Nama mahkota dewa merupakan nama lokal untuk tanaman yang terkenal dengan nama shin tao di daerah Asia Timur ini. Ya, benar sekali mahkota dewa merupakan salah satu bahan herbal purba, yang khasiatnya sudah dipercaya sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu oleh para ahli medis pada zamannya. Meskipun termasuk salah satu tanaman obat yang bisa mendatangkan banyak manfaat, namun mahkota dewa juga tanaman yang gampang-gampang susah untuk diracik. Jika tidak ingin terkena efek keracunan, Anda mesti tahu cara mengolah buah mahkota dewa.

cara mengolah buah mahkota dewa dan manfaatnya,kumpulan manfaat buah mahkota dewa,cara mengolah buah mahkota dewa sebagai obat,cara mengolah buah mahkota dewa bagi kesehatan,
Baca juga: Tips Terbaik Cara Mengolah Coklat Batangan Secara Sempurna

Di dunia herbal, tanaman mahkota dewa bisa dimanfaatkan berbagai baginya, mulai dari buah sampai dengan daun dan batang semua bisa menjadi obat mujarab dan memiliki cara pengolahan masing-masing. Dahulu sebelum ilmu pengobatan China merebak di Indonesia, tanaman ini bahkan disebut sebagai gulma yang harus dimusnahkan karena mengandung ancaman racun yang merugikan manusia. Meskipun saat ini mahkota dewa menjadi tanaman yang banyak dicari, namun daerah budidaya yang paling cocok hanya berada di tanah Papua. 

Sebenarnya tentu ada cara paling aman mengkonsumsi buah mahkota dewa tanpa harus merasa khawatir akan efek samping yang ditimbulkan, yakni dengan membeli langsung obat racikan yang tinggal seduh. Namun harga yang dibandrol untuk obat racikan akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan racikan sendiri. Karena itulah, jika bermaksud menggunakan mahkota dewa sebagai obat herbal yang dikonsumsi kontinu lebih baik Anda belajar meracik sendiri saja.

cara mengolah buah mahkota dewa dan manfaatnya,kumpulan manfaat buah mahkota dewa,cara mengolah buah mahkota dewa sebagai obat,cara mengolah buah mahkota dewa bagi kesehatan,

Jangan khawatir, berbagi ilmu cara mengolah buah mahkota dewa beserta bagian-bagian yang lain adalah suatu yang baik. Apalagi jika rahasia cara mengolah ini justru akan sangat bermanfaat bagi Anda di masa depan, tentu saja penulis akan merasa senang hati untuk berbagi. Tanpa menunggu lebih banyak basa-basi, berikut inilah tips cara mengolah tanaman mahkota dewa, khususnya untuk bagian buah:

1. Mengolah bagian buah

Buah mahkota dewa merupakan bagian yang paling populer dicari karena dinilai paling berkhasiat. Buah dengan nama Latin simpilisia Phalariae Fructus tersebut memiliki warna merah menyala saat sudah matang. Jadi jika buahnya masih hijau, lebih baik jangan dulu Anda petik karena masih mentah. Bagian biji buah mahkota dewa cukup beracun, karena itu sebaiknya Anda buang dahulu sebelum diolah. 

Untuk mengolah bagian buah mahkota dewa, caranya cukup mudah. Pertama pisahkan dahulu bagian daging, kulit, dan biji buah. Buang bagian biji, kemudian iris-iris tipis bagian sisanya. Keringkan buah mahkota dewa yang telah dicincang atau diiris secara alami dibawah panas matahari. Setelah kering Anda bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk digunakan secara berkala. Adapun cara mengkonsumsi buah mahkota dewa kering cukup disebuah dengan air panas, kemudian disaring dan diminum seperti halnya Anda meminum teh hangat. 

Buah mahkota dewa memang tak salah jika diburu, karena mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk mengobati penyakit-penyakit legendaris. Ya, buah ini bisa menjadi obat alternatif yang bisa membantu tubuh Anda menghilangkan penyakit diabetes, rematik, kanker payudara, bahkan kanker rahim. Selain itu, buah ini juga aman untuk perut Anda jadi dapat melancarkan pencernaan.

2. Mengolah bagian batang

Selain buah, jangan mengacuhkan bagian yang lain. Bahkan bagian batang tanaman mahkota dewa juga bisa diproses menjadi ramuan obat yang sangat berkhasiat untuk mengobati kanker tulang. Hampir sama dengan pengolahan bagian buah, untuk bisa membuat teh batang mahkota dewa Anda harus menguliti dahulu bagian batangnya baru kemudian dikeringkan sebagai bahan teh. Guna mendapatkan rasa yang lebih kaya, Anda juga membuat kombinasi ramuan mahkota dewa dari bagian buah dan batangnya.

3. Cara mengolah daun mahkota dewa

Tentu saja bagian daun adalah bahan termudah untuk membuat teh dari tanaman apapun, tidak terkecuali daun mahkota dewa. Seperti halnya bagian buah mahkota dewa, daunnya juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti eksim, disentri, tumor, bahkan untuk menyembuhkan masalah lemah syahwat. Lalu bagaimana cara mengolah bagian daun mahkota dewa ini? Untuk mengobati penyakit dalam Anda bisa membuat ramuan seduhan dari daun mahkota dewa kemudian diminum selagi hangat. Adapun untuk penyakit luar seperti eksim, tumbuklah daun mahkota dewa kemudian tutupkan di bagian yang sakit. 

Bukan hanya cara mengolah buah mahkota dewa, ternyata bagian batang dan daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang berkhasiat. Akan tetapi tentu saja agar usia tanaman Anda lebih awet, usahakan tidak mengambil bagian batang terlalu sering agar tanaman ini bisa tumbuh dan beregenerasi dengan baik.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search