Minggu, 14 Februari 2016

Cara Mengolah Buah Mengkudu Menjadi Sajian Lezat Sebagai Obat Herbal

Cara Mengolah Buah Mengkudu Menjadi Sajian Lezat - Cara mengolah buah mengkudu dapat Anda lakukan dengan berbagai cara yang sederhana, misalnya mengolahnya menjadi sayuran, rujak, jus, memeras sarinya, atau mengkonsumsinya secara langsung jika tahan dengan rasanya yang pahit. Buah mengkudu atau sering disebut juga buah pace adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Maka, tak heran jika buah ini juga sering digunakan sebagai obat-obatan. Walaupun aroma buah mengkudu kurang sedap dan berasa sangat pahit, namun dibalik itu semua banyak manfaat kesehatan yang diperoleh jika Anda secara rutin mengonsumsi buah ini. 

cara mengolah buah mengkudu yang benar,cara mengolah buah mengkudu menjadi obat tradisional,cara mengolah buah mengkudu untuk diabetes,cara mengolah mengkudu untuk obat,

Beberapa manfaat dari buah mengkudu, antara lain meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas pribadi, memberikan nutrisi tubuh yang tidak tersedia dalam makanan sehari-hari, membantu penyembuhan luka setelah operasi, dan masih banyak lagi. Dengan memperhatikan manfaat dari buah mengkudu tersebut bagi kesehatan tubuh, maka tak ada salahnya jika mulai sekarang Anda rutin mengonsumsi buah ini dengan rutin dan dosis tertentu. Anda tidak perlu khawatir dengan bau dan rasa pahit dari buah ini, karena Anda dapat mengolahnya menjadi suatu hidangan yang nikmat.

Berikut ini adalah beberapa modifikasi cara mengolah buah mengkudu.


Cara mengolah buah mengkudu menjadi jus adalah salah satu alternatif yang paling mudah dalam mengonsumsi buah mengkudu. Dalam mengolah buah ini menjadi jus, Anda tidak memerlukan banyak waktu dan bahan dasar yang perlu dipersiapkan hanyalah buah mengkudu dan air matang. Di bawah ini adalah langkah mengolah buah tersebut menjadi jus.
1. Siapkan buah mengkudu yang sudah matang sebanyak tiga buah.
2. Belah buah mengkudu tersebut dan buanglah semua bijinya.
3. Buah mengkudu dipotong-potong, lalu masukkan ke dalam blender dan berilah air matang secukupnya. Anda juga dapat memodifikasinya dengan menambahkan sirup supaya bau dan rasa pahitnya tidak terlalu pekat. Kemudian blender hingga buah mengkudu yang ada di dalamnya menjadi mencair.
4. Tuang ke dalam gelas dan minumlah jus tersebut selagi masih segar dan nikmat. Jika Anda suka, bisa menambahkannya dengan es batu.

cara mengolah buah mengkudu yang benar,cara mengolah buah mengkudu menjadi obat tradisional,cara mengolah buah mengkudu untuk diabetes,cara mengolah mengkudu untuk obat,

Selain mengolahnya menjadi jus, Anda juga bisa mengolah buah mengkudu menjadi rujak. Seperti yang kita ketahui, bahwa rujak adalah salah satu hidangan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Pada umumnya, rujak menggunakan bahan dasar buaah-buahan yang masih muda dan sambal dari gula merah. Demikian juga dengan rujak menkudu dan berikut adalah cara pengolahannya.

Baca Juga : Cara mengolah Keladi Tikus

Bahan rujak mengkudu yang perlu disiapkan, antara lain:

1. Buah mengkudu yang belum terlalu matang sebanyak 3 buah.
2. Air matang secukupnya.
3. Gula merah secukupnya.
4. Cabai rawit sebanyak sesuai selera anda.
5. Garam sesuai selera Anda.
6. Asam jawa secukupnya.
7. Mangga yang belum terlalu masak (sebagai buah tambahan).
8. Pepaya yang belum terlalu masak (sebagai buah tambahan).

Cara mengolah rujak mengkudu adalah:

1. Sebelum buah mengkudu, mangga, dan pepaya dikupas kulitnya, cucilah dahulu buah tersebut hingga bersih baru dikupas kulitnya.
2. Kemudian buah mengkudu diiris sesuai dengan keinginan Anda dan taruhlah diatas piring.
3. Untuk membuat sambal gula merah, maka yang harus Anda lakukan adalah menumbuk hingga halus bahan-bahan, seperti gula merah, cabai rawit, garam, dan asam jawa.
4. Setelah bahan tersebut halus, maka tambahkanlah air matang secukupnya dan aduk-aduk secara merata hingga mengental.
5. Sajikan buah-buahan tersebut dengan cocolan sambal gula merah.
Cara mengolah buah mengkudu dengan mengambil sarinya bisa Anda lakukan dengan cara merebusnya. Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan buah mengkudu sebanyak 2 buah dan tak perlu dikupas. Kemudian masukkanlah buah mengkudu tersebut ke dalam panci bersama dengan satu ruas kencur dan dua gelas air. Lantas, rebuslah hingga air menyusut hingga menjadi satu gelas. Tunggu hingga dingin lalu diminum.

Baca Juga : Cara Mengolah Kulit Manggis


Itulah uraian kami mengenai cara mengolah buah mengkudu beserta khasiat yang terkandung di dalam buah tersebut. Dengan berbagai khasiat yang terkandung di dalamnya, tak heran kalau saat ini banyak yang menawarkan buah mengkudu dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk ekstrak maupun masih dalam bentuk segar. Namun tentu saja mengkonsumsi dalam bentuk segar adalah pilihan terbaik. Semoga bermanfaat.