Minggu, 14 Februari 2016

Cara Mengolah Bawang Dayak dan Khasiatnya bagi Kesehatan

Cara Mengolah Bawang Dayak dan Khasiatnya - Cara mengolah bawang dayak agar khasiatnya tetap terjaga sebenarnya cukup mudah. Bawang dayak atau sering pula dikenal dengan bawang berlian dan bawang sabrang memang dikenal sebagai salah satu tanaman herbal berkhasiat yang banyak tumbuh di pedalaman Kalimantan. Jenis bawang ini memiliki bentuk dan warna yang mirip dengan bawang merah. Namun khasiat dari bawang dayak ini sangat berbeda, karena diketahui memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

cara merebus bawang dayak,cara mengkonsumsi bawang dayak,budidaya bawang dayak,khasiat bawang dayak,cara mengolah bawang putih untuk menurunkan kolesterol,cara mengolah bawang dayak menjadi obat,
Baca juga: Cara Mengolah Kepiting Agar Enak

Bawang dayak sejak zaman dahulu sering digunakan sebagai tanaman obat bagi masyarakat Kalimantan. Bagian yng sering dimanfaatkan untuk pengobatan herbal adalah bagian umbinya. Meskipun lebih sering digunakan sebagai tanaman obat, namun tak jarang para ibu di sana menggunakannya sebagai bumbu untuk masakan mereka. Karena bawang ini juga mampu memberikan rasa khas yang nikmat pada masakan.

Khasiat dari bawang dayak untuk kesehatan cukup banyak, sehingga bawang ini menjadi komoditi yng sering dicari oleh banyak pihak. Bawang dayak diketahui mengandung alkaloid yang dikenal sebagai antimikroba dan mampu membersihkan racun dalam tubuh. Bawang ini juga mengandung flavonoid yng mampu berperan sebagai anti kanker, antikarsinogen, dan juga anti-inflamasi.


Berikut adalah Beberapa Khasiat Dari Bawang Dayak

1. Untuk Melancarkan Sistem Peredaran Darah
Bawang dayak dikenal memiliki khasiat yang ampuh untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh kita. Bawangdayak mengandung alisin, yaitu senyawa yng sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan dan kekentalan darah. Ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi mereka yang memiliki penyakit yang terkait dengan peredaran darah, seperti penderita stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung, kolesterol tinggi dan asam urat.
2. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes
Penelitian yang dilakukan seorang farmakolog dari ITB mengatakan bahwa bawangdayak memiliki kandungan antosianin yang merupakan anti-oksidan alami yng mampu berperan aktif dalam menetralkan radikal bebas. Dengan berkurangnya kadar radikal bebas dalam tubuh, maka resiko diabetes akan semakin berkurang. Selain itu, bawangdayak juga mengandung glikosida yang berperan sebagai antihiperglikemik untuk menurunkan kadar gula darah.
3. Menghambat Perkembangan Sel Kanker
Dalam penelitian ilmiah yang dikerjakan Himawan Budityastomo-Fakultas Kedokteran UNSU, dilaporkan bahwa sari dari bawangdayak ternyata mampu menurunkan tingkat aktivitas dari cyclin-E sel kanker. Hal ini menimbulkan terjadinya apotosis, yaitu kematian dari sel kanker. Ini diperkuat dengan hasil penelitian dari Petr Babula yang menyatakan bahwa naphtokuinones yang terdapat dalam bawangdayak mampu berperan menjadi agen anti kanker.

Seorang herbalis dari Kalimantan Timur juga menuturkan bahwa masyarakat Kalimantan sering menjadikan bawangdayak ini sebagai senjata pamungkas untuk melawan berbagai penyakit. Bawangdayak ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit yang diakibatkan karena pertumbuhan sel jaringan tubuh yang tak normal yang sering diderita oleh para perempuan, seperti halnya pada penyakit kista, kanker rahim dan mioma.

Itulah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan bawangdayak. Lantas, bagaimanakah cara mengolah bawangdayak agar kita bisa mendapatkan khasiat maksimal dari tanaman herbal tersebut? Sebenarnya cara mengolah bawang ini cukup mudah dan tidak memerlukan cara yang ribet.
cara merebus bawang dayak,cara mengkonsumsi bawang dayak,budidaya bawang dayak,khasiat bawang dayak,cara mengolah bawang putih untuk menurunkan kolesterol,cara mengolah bawang dayak menjadi obat,

Berikut Akan Kami Paparkan Beberapa Cara Mengolah Bawang Dayak Sendiri

1. Cara Mengolah Bawang Dayak Dengan Diseduh dengan Air Panas
Iris tipis-tipis bawangdayak sebanyak satu siung, kemudian masukkan ke dalam satu gelas air panas. Aduk hingga rata, tunggu sampai agak dingin kemudian silahkan diminum. Jika Anda merebusnya, jangan sampai airnya mendidih. Karena jika dipanaskan sampai mendidih, berbagai macam senyawa aktif yang terkandung pada bawangdayak akan rusak.
2. Cara Mengolah Bawang Dayak Untuk Digunakan Sebagai Lalapan
Apabila Anda menyukai lalapan sayuran segar yang masih mentah ataupun yang direbus sebentar, maka Anda bisa menjadikan bawangdayak ini sebagai salah satu menu lalapan Anda. Mengkonsumsi bawangdayak dalam keadaan segar memang lebih baik, karena nutrisi dan berbagai senyawa aktif yang terkandung di dalamnya masih utuh, tidak berkurang karena proses memasak.
3. Cara Mengolah Bawang Dayak Dijadikan Bentuk Serbuk
Anda bisa membuat bawang dayak menjadi bentuk serbuk agar lebih awet. Caranya cukup mudah, yaitu cuci bersih bawang dayak beberapa siung, kemudian iris tipis. Setelah itu, irisan bawangdayak tersebut diangin-anginkan hingga kering tanpa terkena panas matahari secara langsung, kira-kira 2-3 hari. Atau Anda bisa mengeringkannya dengan cara di oven. Giling irisan bawangdayak tersebut hingga berbentuk serbuk. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara diseduh menggunakan air panas, atau dimasukkan dalam kapsul.
Demikianlah beberapa cara mengolah bawah dayak agar bisa mendapatkan khasiatnya secara maksimal, beserta beberapa manfaat bawang dayak bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search