Rabu, 17 Februari 2016

Tips Cara Mengolah Kepiting yang Benar Agar Enak

Tips Cara Mengolah Kepiting yang Benar - Kepiting merupakan salah satu jenis seafood yang mempunyai cita rasa yang unik dan enak. Banyak orang yang menyukai olahan kepiting ini, namun kebanyakan tidak suka jika harus mengolahnya sendiri karena mengolah kepiting berbeda dengan mengolah jenis seafood yang lainnya. Mengolah kepiting harus dilakukan dengan cara yang tepat agar daging kepiting tidak keras dan racun yang ada dalam tubuh kepiting juga bisa hilang. Racun dalam tubuh kepiting ini jika termakan maka bisa membahayakan kesehatan tubuh.

cara membersihkan kepiting sebelum dimasak,cara mengolah kepiting agar tidak amis,cara mengolah kepiting laut,cara mengolah kepiting sebelum dimasak,cara mengolah kepiting soka,
Baca juga: 7 Khasiat dan Cara Mengolah Biji Selasih

Ada beberapa tips cara mengolah kepiting yng benar agar rasanya menjadi enak. Namun, sebelum melangkah untuk membahas cara mengolah daging kepitng, Anda harus mengetahui bagaimana memilih kepitng yng berkualitas tinggi. Terkadang, banyak orang salah dalam memilih kepitng dan akhirnya olahan kepitng yng dibuat rasanya kurang enak. 

A. Berikut Cara Mudah Untuk Memilih Kepiting Berkualitas

1. Pilih yang masih hidup
Kepiting yng berkualitas adalah kepiting yng masih segar dan masih hidup. Untuk mengecek apakah kpiting yng Anda beli sudah mati atau masih hidup, maka Anda bisa mengeceknya dengan cara melihat apakah kepiting masih bisa bergerak atau tidak. Mintalah pada penjualnya untuk membuka ikatan pada kpiting. Jika kaki atau capitnya masih bergerak itu tandanya kepiting masih hidup dan dalam keadaan yng segar.
2. Pilih yang berat
Cara yang kedua untuk mendapatkan kepiting yng berkualitas adalah pilih kpiting yng berat. Kepiting yng berat berarti kepiting tersebut sehat dan banyak dagingnya. Hindari untuk membeli kpiting yng mempunyai berat ringan karena biasanya kpiting yng ringan dagingnya sedikit dan rasanya kurang enak. Lihat juga matanya, jika mata kpiting keluar maka tandanya kepiting masih dalam keadaan yng segar dan dagingnya berkualitas tinggi.

cara membersihkan kepiting sebelum dimasak,cara mengolah kepiting agar tidak amis,cara mengolah kepiting laut,cara mengolah kepiting sebelum dimasak,cara mengolah kepiting soka,

Jangan salah pilih kepiting yng kurang segar karena akan mempengaruhi hasil olahan masakan kepiting. Sebelum memasak kpiting, Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu agar daging kpiting yng dimasak menjadi enak. 

B. Adapun Tips Cara Mengolah Kepiting Yang Benar

1. Tusuk cangkangnya dengan pisau
Cara yg pertama ini adalah untuk mematikan kepting yg masih hidup. Baliklah kepting kemudian tusuk bagian tengah kepiting dengan menggunakan pisau. Lalu belah bagian perut kepting untuk membuat mati kepiting kemudian baru dilepaskan ikatan kepiting. Cara ini dilakukan agar Anda aman ketika membersihkan kepting.
2. Cuci dengan air yang mengalir
Agar kepiting tetap terjaga kualitasnya, maka dalam mencuci kepting janganlah direndam dengan menggunakan air melainkan cuci dengan menggunakan air yg mengalir. Dalam melakukan pencucian cangkang kepting dan seluruh bagian kepting haruslah disikat dengan menggunakan sikat kecil agar bersih dan kotorannya hilang.
3. Buang pantat kepiting
Setelah disikat dan dibersihkan cangkangnya, maka buanglah pantat kepiting yg berbentuk segitiga. Bagian pantat kepting ini tidak boleh dikonsumsi karena mengandung racun dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Pantat kepting ini berbentuk segitiga dan di dalamnya terdapat cairan hijaunya.
4. Belah menjadi dua
Belahlah kepiting menjadi dua bagian setelah dibuang pantatnya, lalu bersihkan bagian dalam kepting dan sisa lendir atau cairan yg berwarna hijau dalam kepting dibuang dan dibersihkan. Ingat, tetap gunakan air mengalir untuk mencuci kepting dan membersihkan kepiting.
5. Pukul bagian capit dan cangkang
Agar daging kepting mempunyai tekstur yang lembut dan tidak keras, sebaiknya pukul-pukullah bagian capit dan cangkang kepting sebelum diolah. Jangan memukul terlalu keras karena bisa membuat cangkang menjadi pecah.
6. Rebuslah sebelum dimasak
Langkah terakhir dalam mengolah kepitng agar enak adalah merebus kepiting sebelum kepiting dimasak sesuai dengan keinginan. Rebuslah kepiting selama 15 atau 20 menit saja. Jangan terlalu lama dalam merebus kepiting karena daging kepitng akan keras jika direbus terlalu lama.

Cara mengolah seafood jenis kepiting yang benar memang tidaklah mudah, namun hasil masakannya akan mempunyai cita rasa yang sangat lezat. Anda bisa mencoba mempraktekkan cara-cara yang sudah dijelaskan ini dan dijamin hasil masakan kepiting Anda akan sangat lezat. Kepiting biasanya dimasak dengan saus asam manis ataupun diolah menjadi berbagai menu masakan lainnya. Apapun menu yang akan dibuat dari kepiting, awal cara mengolah kepiting haruslah benar agar dagingnya tidak keras dan racun dalam kepiting juga hilang.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search