Minggu, 14 Februari 2016

Cara Mengolah Tempe Bacem Jawa

Cara Mengolah Tempe Bacem - Cara mengolah tempe menjadi sebuah hidangan yang nikmat dapat Anda lakukan dengan memasak bahan tersebut menjadi beraneka ragam masakan, salah satunya adalah tempe bacem Jawa. Tempe bacem Jawa merupakan salah satu dari beberapa sajian hidangan tradisional yang terkenal di Indonesia. Pada umumnya, tempe bacem ini beraroma harum yang khas dan mempunyai cita rasa manis dari gula merah serta gurih. Tempe bacem Jawa merupakan masakan tradisional khas Jawa Tengah. Untuk membuat tempe bacem, Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya karena masakan ini merupakan masakan tradisional sederhana, namun bercita rasa mewah.

cara mengolah tempe untuk diet,cara memasak tempe yang enak,cara mengolah tempe dan tahu,cara mengolah tempe tanpa digoreng,cara membuat tempe,cara mengolah tahu,

Karena itu, seiring berjalannya waktu, tempe bacem ini tak hanya diminati oleh masyarakat Jawa Tengah, namun sampai ke pelosok negeri masakan ini banyak digemari. Sebelum membahas mengenai cara mengolah tempe bacem Jawa, kami akan memberikan tips kepada Anda bagaimana caranya meminimalisir bau tempe ketika dibacem. Terkadang, masakan tempe bacem ada yang rasanya kurang gurih dan berbau tidak sedap. Ini bisa disebabkan karena kualitas tempe yang Anda gunakan kurang baik. Tempe merupakan olahan kedelai yang difermentasi dengan ragi. Jadi, kualitas ragi yang buruk akan mempengaruhi kualitas tempe.

Untuk memperkecil bau tempe yang tidak sedap, kuncinya terdapat pada awal pengolahannya. Ketika air rebusan telah siap, maka yang pertama kali Anda masukkan ke dalam rebusan adalah tempe bersama dengan daun salam dan garam. Tunggu hingga lima menit barulah disusul dengan memasukkan bumbu bacemannya. Untuk menambah rasa gurih, Anda bisa menggunakan air kelapa untuk merebus tempe dan bumbu bacem tersebut.

cara mengolah tempe untuk diet,cara memasak tempe yang enak,cara mengolah tempe dan tahu,cara mengolah tempe tanpa digoreng,cara membuat tempe,cara mengolah tahu,

Dengan mengikuti tips di atas, dijamin hidangan tempe bacem yang Anda olah sendiri akan mempunyai cita rasa yang lebih lezat. Setelah kami menguraikan tips di atas, sekarang kami akan membagikan kepada Anda resep dan cara mengolah tempe bacem Jawa secara benar dan sederhana. Bagi Anda yang ingin mencoba resep dan pengolahan tempe bacem dari kami, berikut adalah uraiannya.

Bahan utama untuk tempe bacem Jawa:

1. Tempe sebanyak 300 gram dan potong sesuai dengan keinginan Anda.
2. Gula merah yang sudah diserut sebanyak tiga sendok makan (jika kurang manis bisa ditambahkan lagi takarannya).
3. Daun salam sebanyak dua lembar.
4. Lengkuas sepanjang dua centimeter dan pipihkan.
5. Garam sesuai selera Anda.
6. Kecap sesuai selera Anda.
7. Air asam Jawa sebanyak satu sendok makan.
8. Air bersih atau air kelapa secukupnya untuk merebus.
9. Minyak goreng untuk menggoreng.

Bumbu halus untuk tempe bacem Jawa:

1. Bawang putih sebanyak lima siung.
2. Bawang merah sebanyak tiga siung.
3. Kemiri yang sudah disangrai sebanyak dua butir.
4. Bubuk ketumbar, namun lebih gurih jika menggunakan ketumbar butiran sebanyak setengah sendok teh.

Cara mengolah tempe bacem Jawa:

1. Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan air bersih secukupnya ke dalam panci. Taruhlah panci tersebut di atas api berukuran sedang hingga mendidih. Setelah mendidih Anda bisa memasukkan tempe bersama dengan daun salam. Namun, jika Anda menginginkan rasa yang lebih gurih, pergunakanlah air kelapa untuk merebusnya. Tunggu hingga kurang lebih selama 10 menit.
2. Kemudian Anda masukkan bumbu halus, air asam Jawa, dan lengkuas ke dalam rebusan dan tunggu hingga air rebusan agak menyusut.
3. Setelah itu, barulah Anda masukkan serutan gula merah, kecap, dan garam. Tunggu hingga air rebusan menyusut supaya bumbu meresap ke dalam tempe. Cicipi dahulu sebelum diangkat.
4. Angkat rebusan baceman tempe tersebut dan sisihkan.
5. Tuangkan minyak ke dalam wajan dam taruh di atas api berukuran sedang. Jika minyak sudah panas, maka gorenglah rebusan tempe bacem tersebut hingga matang dan berwarna kecoklatan.
6. Tata di atas piring dan sajikan.
Demikianlah cara mengolah tempe bacem Jawa secara benar dan sederhana. Dengan mengikuti resep dan cara pengolahan di atas, kami jamin tempe bacem kreasi Anda akan bercita rasa nikmat. Cara penyajian tempe bacem ini sangat cocok bila dihidangkan bersama dengan sepiring nasi putih yang masih hangat. Sekian uraian yang bisa kami sampaikan kepada Anda dan semoga bermanfaat.