Sabtu, 12 Maret 2016

Manfaat dan Cara Mengolah Salmon Saus Tiram

Cara Mengolah Salmon Saus Tiram - Ikan salmon adalah jenis ikan yang hidup di air laut, ikan ini biasanya ditemukan di sekitar samudra Atlantik dan samudra Pasifik. Ikan yang tergolong dalam family Salmonidae ini menjadi favorit banyak orang karena manfaatnya yang banyak dan rasanya juga enak. Cara mengolah salmon agar kandungan gizinya tidak hilang saat dimasak maka perlu kehati-hatian dan pengetahuan ketika memasaknya. Ikan ini termasuk dalam kategori ikan kelas atas karena harga per kilonya saja sudah mencapai Rp 170.000 dan bahkan bisa lebih dari itu tergantung pada ketersediaan dan permintaan pasar.

cara mengolah salmon agar tidak amis,cara mengolah salmon untuk bubur bayi,cara mengolah salmon untuk sushi,salmon saus teriyaki,salmon saus lemon,salmon saus tiram,resep salmon saus tiram,
Baca juga: Cara Mengolah Sukun Untuk Dibuat Kolak Sukun
Ikan salmon dagingnya berwarna jingga kemerahan sebagai akibat dari adanya kandungan pigmen warna alami karotenoid astaxanthin dan canthaxanthin. Warna inilah ynag membuat daging ikaan salmon sangat menarik untuk dikonsumsi. Selain warna dagingnya ynag menarik, kandungan gizi ikaan salmon juga sangat banyak. Kandungan tersebut antara lain omega 3, protein high quality, asam amino, berbagai macam vitamin, dan berbagai senyawa bermanfaat lainnya. Dengan kandungan ynag sangat banyak serta bervariatif, maka tak heran jika ikaan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia.

Adanya omega 3 membuat ikaan salmon memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan kerja otak, menjaga kesehatan organ sistem sirkulasi, sebagai anti depresan bagi orang ynag terkena Alzheimer dan Parkinson. Protein ynag ada dalam ikaan salmon disebut protein high quality karena mudah dicerna oleh usus, manfaat dari adanya protein ini dapat dijadikaan sebagai sumber energi dan sebagai pengontrol metabolisme. Selanjutnya asam amino berperan untuk membentuk hemoglobin dan meningkatkan kemampuan kinerja otak. Berbagai macam vitamin mulai dari A, D, B6, serta vitamin E. Dan masih banyak lagi manfaat ynag lainnya.

cara mengolah salmon agar tidak amis,cara mengolah salmon untuk bubur bayi,cara mengolah salmon untuk sushi,salmon saus teriyaki,salmon saus lemon,salmon saus tiram,resep salmon saus tiram,

Dengan begitu banyaknya manfaat yang diperoleh ketika makan ikan salmon, maka Anda perlu pengetahuan cara memasaknya yang benar agar nutrisinya tetap terjaga meskipun ikan sudah melalui beberapa kali tahapan memasak. Salah satu menu yang cukup mudah untuk diaplikasikan menggunakan ikann salmon adalah ikan salmon saus tiram. Berikut ini adalah cara mengolah salmon saus tiram yang benar.

Resep Salmon Saus Tiram

Bahan utama yang dibutuhkan untuk memasak ikan salmon saus tiram sebagai berikut:
1. Ikann salmon 1 biji, lalu potong menjadi 8 bagian.
2. bawang putih 10 siung
3. tepung maizena 6 sendok teh, lalu larutkan dengan menggunakan 1 sendok makan air
4. jahe 3 cm, lalu memarkan
5. daun bawang, Rajang kecil
6. brokoli, potong-potong lalu rebus
7. minyak goreng secukupnya
Bahan untuk membuat saus tiram nya sebagai berikut:
1. merica bubuk 1/2 bungkus sachet
2. saus tiram instan 1 bungkus sachet
3. kecap asin 3 sendok teh
Setelah semua bahan utama dan bahan saus tiramnya lengkap, selanjutnya ikuti cara mengolah salmon saus tiram berikut ini:
1. Siapkan wajan, isi dengan minyak sampai kira-kira menenggelamkan ikan salmon yang mau digoreng agar ikan matang sempurna dan warnanya merata. Panaskan minyak dengan api sedang tunggu sampai mendidih.
2. Masukkan ikan salmon ke dalam minyak yang sudah mendidih, goreng sampai matang, setelah matang segera angkat dan tiriskan.
3. Ambil semua bahan untuk membuat saus tiram, lalu campur jadi satu sampai rata.
4. Siapkan wajan kembali, ambil sedikit minyak untuk menumis daun bawang, bawang putih, jahe, bahan saus tiram yang sudah dicampur, serta brokoli rebus. Tumis sampai tercium bau wangi.
5. Setelah tercium bau wangi, tambahkan sedikit air, lalu tambahkan tepung maizena ke dalamnya aduk rata hingga bumbu saus tiram setengah mengental.
6. Masukkan ikan salmon yang sudah digoreng tadi ke dalam bumbu saus tiram yang sudah setengah kental, aduk rata agar semua bagian terlumuri, masak sampai saus mengental.
7. Setelah saus mengental, matikan kompor, serta sajikan iikan salmon goreng bumbu saus tiram ke dalam piring saji.
Demikianlah cara mengolah salmon saus tiram yang enak, semoga resep ini bisa membantu Anda yang sedang ingin memasak sajian ikan salmon untuk keluarga. Semoga berhasil.