Sabtu, 12 Maret 2016

Cara Mengolah Sukun Untuk Dibuat Kolak Sukun

Cara mengolah sukun untuk dibuat kolak sukun - Sukun merupakan salah satu buah yang secara umum diolah dengan cara digoreng. Namun tidak sedikit pula orang yang kurang menyukai mengkonsumsi buah yang satu ini. Karena buah ini memiliki kandungan getah yang cukup tinggi sehingga membuat tidak nyaman ketika mengolahnya. Namun ternyata setelah diolah dengan berbagai cara, buah sukun ini sangat enak jika dikonsumsi. Penikmatnya tidak hanya orang dewasa tetapi anak-anak juga menyukainya.

cara mengolah sukun goreng,cara mengolah sukun yang sudah matang,cara mengolah sukun yang terlalu matang,cara mengolah sukun mentah,cara mengupas sukun,cara masak sukun,buah sukun yang sudah matang,
Baca juga: Cara Mengolah Rebung Menjadi Lumpia Yang Enak
Cara mengolah sukun yang paling umum adalah dengan membuat buah sukun menjadi gorengan. Dapat diolah menggunakan tepung, dapat juga diolah tanpa menggunakan tepung sehingga memberikan sensasi seperti memakan rempeyek. Nyatanya, ada juga olahan yang berasal dari buah sukun ynag menggunakan kuah santan. Ya. Kolak sukun. Mungkin untuk Anda yang memiliki ketertarikan dengan buah sukun sudah pernah mencoba memakan buah yang satu ini dengan olahan kolak. Kolak ynag memiliki cita rasa manis sangat tepat digabungkan dengan buah sukun.

Cara mengolah sukun memang terbilang gampang-gampang susah. Walaupun dalam proses memasak buah sukun ini di dalam masakan kolak sukun cenderung mudah. Namun ketika mengolah buah sukun ini harus diperhatikan dengan benar. Terlebih untuk Anda ynag memiliki kulit ynag sensitif. Jika kurang berhati-hati tentunya akan membuat getah pada buah sukun menempel pada tangan Anda. Getah buah sukun ini biasanya menimbulkan rasa gatal. Cara membersihkan juga cukup sabar karena kulit buah sukun ini lumayan keras sehingga membutuhkan tenaga ketika membersihkan kulitnya.


cara mengolah sukun goreng,cara mengolah sukun yang sudah matang,cara mengolah sukun yang terlalu matang,cara mengolah sukun mentah,cara mengupas sukun,cara masak sukun,buah sukun yang sudah matang,


Cara mengolah sukun untuk dibuat kolak sukun ternyata cukup mudah. Pengolahan buah sukun yang memiliki kendala pada getah juga dapat dihilangkan dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk membantu mengolah buah sukun tanpa khawatir dengan getah buah sukun yann membandel:
1. Anda dapat menggunakan minyak goreng untuk mencegah getah buah sukun menempel di tangan Anda. Dengan menggunakan minyak goreng ini tentunya akan membuat getah yagn dihasilkan oleh buah sukun menjadi sulit menempel pada tangan Anda. Untuk sebagian orang, getah yang ada di dalam buah sukun ini dapat membuat gatal-gatal sehingga perlu di waspadai.
2. Tahap selanjutnya baru Anda dapat memotong buah sukun sesuai dengan selera.
3. Jika sudah dipotong, Anda dapat mencucinya hingga bersih dengan air yang mengalir dan pastikan tidak ada getah yagn menempel.
4. Baru setelah itu buah sukun yagn sudah dipotong-potong diberi garam. Ini berguna untuk melunakkan daging buah sukun sehingga nantinya akan membuat bumbunya meresap. yang dalam olahan  satu ini adalah kuah santan dari kolak sukun.

Membuat Kolak Sukun Yang Enak

Cara mengolah sukun untuk dibuat kolak sukun dapat menjadi alternatif ketika Anda sudah cukup jenuh dengan olahan kolak yang sudah sangat umum ditemui dimana-mana. Khasiat yang terkandung di dalam buah sukun juga cukup bermanfaat untuk tubuh. Belum lagi kandungan karbohidrat di dalamnya yang ternyata memiliki kandungan yang seimbang dengan beras. Tentunya akan membuat perut menjadi lebih cepat kenyang. Berikut ini adalah cara memasak kolak sukun dengan mudah dan enak:

Bahan yang digunakan :

• 1 buah sukun yang sudah tua
• 200 gr gula merah
• 1 liter santan
• 200 ml air
• 2 lbr daun pandan
• 1 sdt garam

Cara Membuat :

1. Cara mengolah sukun yang pertama adalah mengupas buah sukun terlebih dahulu. Bersihkan dengan air mengalir hingga getahnya hilang. Kemudian Anda dapat memotongnya kecil-kecil sesuai selera.
2. Langkah selanjutnya adalah merebus gula merah dengan air. Masak hingga tercampur dengan rata. Sisihkan terlebih dahulu.
3. Terakhir adalah mendidihkan santan. Tahap selanjutnya adalah memasukkan buah sukun yang sudah bersih, daun pandan, gula merah yang sudah dicairkan serta sedikit garam.
4. Masak hingga daging buah sukun menjadi empuk. Angkat.
Cara mengolah sukun untuk dijadikan kolak sukun ini memang sangatlah mudah dilakukan. Proses memasaknya juga cenderung lebih mudah dibandingkan proses memasak kolak dengan menggunakan bahan lain seperti ubi. Dan tentunya cita rasa dari buah sukun ini lebih tepat disajikan dengan menggunakan olahan kolak yang manis karena buah sukun cenderung hambar. Bahkan ketika diolah dengan cara digoreng juga cukup mudah dilakukan.