Kamis, 03 Maret 2016

3 Cara Mengolah Biji Kopi Agar Siap Jual

3 Proses Cara Mengolah Biji Kopi - Biji kopi berasal dari tanaman kopi, dan biji inilah yang kemudian diolah untuk menghasilkan minuman kopi. Proses yang dialami sebutir kopi sebelum akhirnya menjadi sebuah minuman kopi sangat panjang dan lama. Cara mengolah biji kopi dari awal panen hingga akhirnya jadi bubuk yang bisa diseduh sangat lama dan sulit, jadi jika selama ini Anda berfikir jika membuat bubuk kopi sangat mudah, maka Anda harus mempelajari dulu caranya. Sebelum akhirnya biji kopi bisa digiling, biji kopi melewati beberapa tahapan proses dulu.

cara mengolah biji kopi luwak,cara mengolah biji kopi menjadi kopi bubu,cara mengolah biji kopi yang enak,cara mengolah biji kopi secara tradisional,cara mengolah biji kopi yang nikmat,
Baca juga: Cara Mengolah Lobak Yang Benar

Cara Pengolahan Biji Kopi

1. Pengolahan dengan pemrosesan basah

Pengolahan kopi dengan metode pemrosesan basah merupakan cara ynag paling banyak digunakan saat ini, apalagi untuk memproses kopi kelas premium. Caranya biji kopi dikumpulkan terlebih dahulu, kemudian ditaruh dalam air untuk disortir kualitasnya. Biji yang mengapung memiliki kualitas ynag kurang baik, sementara yang tenggelam memiliki kualitas ynag baik. Setelah selesai disortir, kemudian biji yang bagus siap diolah. Cara mengolah biji kopi berkualitas baik yaitu dibuang kulitnya dan selaput buahnya dulu dengan menggunakan mesin. Ketika menggunakan mesin, selaput biji tidak bisa terkelupas seluruhnya sehingga perlu proses lanjutan untuk menghilangkannya.

Cara untuk menghilangkan selaput biji bisa dengan fermentasi. Selama proses fermentasi, maka mikroba akan mensekresikan enzim selulase yang dapat menghancurkan selulosa yang menyelimuti biji. Setelah biji kopi bersih, tinggal tersisa 2 lapisan dalam biji kopi lapisan tersebut adalah kulit perak dan parchment. Selanjutnya kandungan air dalam biji kopi direduksi hingga tinggal tersisa 10% dengan cara dijemur di bawah sinar matahari kemudian dilanjutkan dengan pengeringan dalam mesin. Biji kopi yang sudah kering dengan kadar air 10% selanjutnya sudah bisa digiling menjadi bubuk kopi.

2. Pengolahan dengan pemrosesan kering

Cara pengolahan dengan pemrosesan kering merupakan cara paling konvensional karena cara ini sudah ada sejak zaman dulu. Cara ynag dilakukan sangat sederhana karena hanya dengan menjemur biji kopi di bawah sinar matahari, kemudian selaput dan parchment yang masih menempel dihilangkan menggunakan alat. Dengan cara ini, semua kualitas koopi dipukul rata, tidak ada penyortiran dulu. Dengan begitu hasil biji kopinya tidak bisa sebagus dengan cara pemrosesan basah, selain itu biji kopi ynag dihasilkan juga tidak bisa kering sempurna.

3. Pengolahan dengan pemrosesan semi kering

Pengolahan biji kopi bisa pula dilakukan dengan menggabungkan metode konvensional dengan metode yang populer yaitu dengan teknik pemrosesan semi kering. Cara penggunaan metode ini yaitu buah kopi yang baru dipanen kemudian dihilangkan kulitnya dengan cara dilewatkan pada kawat kasa sehingga kulit dan selaput kulitnya hilang. Cara inilah yang digunakan dalam metode pemrosesan basah. Setelah itu biji kopi ynag sudah hilang kulitnya kemudian dijemur di bawah terik matahari, cara inilah yang digunakan dalam metode pemrosesan kering. Cara ini cukup banyak digunakan di beberapa daerah penghasil kopi seperti Sumatra dan Sulawesi.

cara mengolah biji kopi luwak,cara mengolah biji kopi menjadi kopi bubu,cara mengolah biji kopi yang enak,cara mengolah biji kopi secara tradisional,cara mengolah biji kopi yang nikmat,

Secangkir kopi ynag Anda minum telah melalui beberapa tahapan terlebih dahulu untuk mengolahnya, dan setiap kali Anda minum koppi maka Anda akan memperoleh manfaat yang luar biasa asalkan tidak berlebihan. Selama ini banyak orang salah persepsi mengenai kopii dan beranggapan jika kopi tidak baik bagi kesehatan. Namun sebenarnya itu tidak benar sebab kopii juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat seperti protein asam amino, karbohidrat, glikosida, asam karboksilat, asam khologeat, mineral, trigonelin, komponen volatile, dan pastinya juga kafein. Selama ini orang tahunya kandungan kopi hanya kafein, padahal sebenarnya tidak.

Dengan banyaknya kandungan dalam biji kopi tersebut, maka manfaat minum kopi juga sangat banyak, diantaranya dapat mencegah resiko kanker mulut dan sebagai pembangkit stamina. Selain itu, manfaat minum kopi dapat mengurangi pusing di kepala, mengurangi rasa depresi, menghambat degradasi fungsi kognisi, dan masih banyak lagi. Demikianlah 3 cara mengolah biji kopi sebelum menjadi bubuk, semoga setelah mengetahui informasi ini dapat membuat kita lebih menghargai kopi dan membuat kita lebih bijak dalam mengkonsumsinya dengan tidak berlebih-lebihan. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat mencoba menikmati kopi.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search