Sabtu, 20 Februari 2016

Cara Mengolah Okra Dengan Benar dan Tepat

Cara mengolah okra dengan benar - Okra merupakan sejenis buah sekaligus sejenis sayuran yang tergolong masih asing di telinga. Namun ternyata okra memiliki khasiat yang begitu baik untuk kesehatan. Popularitas dari tanaman okra sendiri masih belum populer, tetapi negara-negara yang ada di area Asia Tengah atau Asia Selatan sendiri tanaman obat ini sudah sangat populer dan juga telah banyak digemari. Okra termasuk sayuran buah untuk diolah ke dalam berbagai macam makanan yang lezat serta khasiatnya untuk kesehatan.

cara mengolah okra untuk obat diabetes,cara mengolah okra untuk obat kolesterol,cara memasak okra agar tidak berlendir,manfaat okra untuk kulit,manfaat sayur okra,
Baca juga: Cara Mengolah Oatmeal Sebagai
Okra memiliki bahasa ilmiah yg bernama Abelmochus Esculentu, dan termasuk tanaman dari famili kapas-kapasan. Okra biasanya begitu populer dengn nama Lady’s Finger sebab bentuk buahnya panjang serta meruncing pada bagian ujungnya, layaknya jari-jari yang lentik serta gemulai dari wanita cantik. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman dari Benua Afrika lalu dibawa ke negara Amerika kira-kira 3 abad yg lalu. Kini tanaman okra sendiri telah banyak dikenal di berbagai macam negara seperti Eropa, Australia dan Eropa.

Okra termasuk sejenis tanaman yg kaya akan serat dan protein. Di mana kandungan minyak pada biji tanaman okra ini sekitar 40%. Adapun minyak dari biji okra ini mengandung asam lemak tak jenuh yang begitu banyak, contohnya asam linoleat dan asam oleat. Disamping itu, buah okra sendiri memiliki kandungan protein, lemak, energi, fosfor dan kalium. Okra tergolong sayuran hijau dengn serat pangan yg begitu tinggi. Disamping serat, tanaman okra ini memiliki kandungan glutation.

Okra dengan kandungan serat inilah memiliki khasiat yg begitu besar untuk kesehatan, di antaranya bisa mencegah terjadinya kontipasi, hiperkolesterolemia, obesitas, kanker kolon dan diabetes. Okkra mengandung serat yang tidak larut yg bisa mencegah perkembangan dari kanker kolon yang bisa meningkatkan volume pada feses dengan begitu mengencerkan konsentrasi dari senyawa karinogen. Adapun kondisi tersebut biasanya menurunkan kesempatan dari senyawa karsinogen yg berinteraksi bersama dinding usus, dengan begitu memperkecil resiko penyakit kanker.

Cara Mengolah Okra Dengan Benar

Untuk Anda yang masih penasaran bagaimana cara mengolah okkra, berikut ini langkah-langkah yng haru dipersiapkan:

1. Potong bagian ujung batangnya

Pertama-tama potong terlebih dahulu tanpa harus melukai bagian kulit okra tersebut. Adapun batang yang berbentuk kerucut melekat pada bagian kulit okkra bisa dipotong secara hati-hati pada sekelilingnya agar melepaskannya dari tanaman okkra bila Anda mau. Kemudian kupas bagian lapisan yng tipis pada okera memakai jari Anda. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka seluruh bagian dari okkra tersebut dapat dimakan, meskipun membutuhkan waktu agak lama.

2. Singkirkan bagian bulu halus pada okra

Cara mengolah okra berikutnya adalah dengn menyingkirkan bulu halus pada okera pada air mengalir, lalu gosok lembut bagian okra memakai sikat yang berbulu nilon yang halus, memakai sikat sayuran atau tisue. Kemudian tepuk-tepuk tanaman okera sampai kering memakai kain lap yang bersih atau dengan diletakkan pada udara yng terbuka.

3. Mencegah lendir okra ketika di masak

Untuk mencegah tanaman okra berlendir ketika dimasak bisa dengan memberikan cuka. Caranya yaitu dengan menuangkan ½ cangkir cuka pada mangkuk tiap 500 gram okera, lalu percikan cuka pada permukaan okra secara lembut sampai melapisi semua bagian okera pada mangkuk. Kemudian diamkan okra hingga 30 menit pada cuka, kemudian angkat okera lalu bilas sampai bersih. Setelah itu keringkan lalu gunakan sesuai dengn resep.

4. Persiapkan okra untuk berbagai macam masakan bervariasi

Ada berbagai macam cara berbeda ketika mempersiapkan okera tergantung dari bagaimana cara memasak nya. Anda bisa mengiris okera hingga beberapa potongan dengan ukuran yang sama pada rebusan creole dan cajun seperti gumpo yang mengental memakai okra sesudah menambahkannya pada bagian akhir. Kemudian potong hingga beberapa bagian bisa juga dengan membiarkannya utuh lalu menggorengnya. Lalu biarkan utuh untuk rebusan okera juga casserole bila resep membutuhkan hal tersebut. Bila okra dimasak secara utuh, maka sayuran ini tak dapat melepaskan senyawa yng lengket di dalamnya.

cara mengolah okra untuk obat diabetes,cara mengolah okra untuk obat kolesterol,cara memasak okra agar tidak berlendir,manfaat okra untuk kulit,manfaat sayur okra,

Demikianlah cara mengolah okra dengan benar dan tepat sebelum dimasak. Anda bisa mengolah okra dengan cara di goreng, pertama dengan memotong bagian batang, lalu memotongnya hingga berukuran 6 mm, lalu kocok telur kemudian rendam okra hingga 10 menit, selama di rendam maka masukkan sekitar 1 cangkir tepung jagung pada mangkuk ditambah lada dan garam. Sesudah merendam hingga beberapa saat kemudian masukkan okra yang sudah dipotong pada tepung jagung kemudian lapisi semua permukaannya sampai merata. Lalu panaskan ½ cangkir minyak goreng dan goreng okra tersebut ke dalamnya kemudian aduk dan pastikan agar okra tersebut tidak hangus.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search