Sabtu, 27 Februari 2016

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Makanan dan Minuman Lezat

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Makanan dan Minuman Lezat - Cara mengolah lidah buaya menjadi makanan akhir-akhir ini menjadi topik yang sering diburu para ibu rumah tangga. Ini tak lepas dari semakin tersebarnya informasi mengenai manfaat dari lidah buaya. Dahulu, lidah buaya dikenal sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, akhir-akhir ini terungkap banyak manfaat dari lidah buaya. Hal ini diperkuat dengan berbagai penelitian yang menyampaikan khasiat dari tanaman yang banyak ditemukan di daerah kering ini.

cara mengolah lidah buaya untuk wajah,cara mengolah lidah buaya menjadi manisan,cara mengolah lidah buaya menjadi makanan atau minuman,cara mengolah lidah buaya menjadi makanan lezat,
www.albumcara.com
Lidah buaya yang sering pula disebut dengan aloe vera ini kaya akan kandungan nutrisi yang lengkap, seperti protein, vitamin, mineral, dan asam amino. Lidah buaya juga mengandung senyawa aktif yang berperan sebagai antioksidan, anti-inflamasi, juga mampu membantu untuk mengembalikan jaringan kulit tubuh yang terluka. Lidah buaya mampu memperbaiki sistem dari metabolisme tubuh kita, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, lidah buaya juga dikenal sebagai satu-satunya tumbuhan yng secara alami memiliki kandungan vitamin B12. Tanaman ini juga mengandung antiseptik yng sangat efektif untuk membersihkan dan mengobati luka. Tanaman ini juga mengandung anestetik yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit. Lidah buaya juga mengandung senyawa aktif yng berperan sebagai antijamur, antibakteri dan juga antivirus yang didapatkan dari senyawa saponin yang dikandungnya.

cara mengolah lidah buaya untuk wajah,cara mengolah lidah buaya menjadi manisan,cara mengolah lidah buaya menjadi makanan atau minuman,cara mengolah lidah buaya menjadi makanan lezat,
Artikel terkait: Tips Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Rambut yang Mudah Dilakukan
Selain berbagai manfaat tersebut diatas, lidah buaya saat ini juga dikembangkan menjadi berbagai olahan atau sajian super lezat untuk keluarga. Namun sebelum lidah buaya digunakan sebagai sajian, sebaiknya lidah buaya diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa getir dann lendir yang terdapat pada daging buah. Meskipun lendir ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka, tapi jika tidak dihilangkan saat akan dikonsumsi akan menimbulkan rasa gatal dan getir di lidah.

Berikut Cara Mengolah Untuk Membersihkan dan Menghilangkan Rasa Getir Pada Lidah Buaya

1. Hilangkan duri pada daun lidah buaya. Setelah itu, cuci lidah buaya dengan air mengalir. Setelah bersih, pisahkan kulit lidah buaya dengan dagingnya.
2. Cuci bersih daging lidah buaya sampai lendirnya hilang, kemudian potong dadu.
3. Rendam potongan daging lidah buaya dengan menggunakan larutan garam selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, cuci lagi menggunakan air mengalir.
4. Rebus daging lidah buaya selama kurang lebih 15 menit. Tambahkan daun pandan agar bau dan rasanya lebih nikmat.
5. Angkat daging lidah buaya, kemudian tiriskan.
Nah, Anda sudah mendapatkan daging lidah buaya siap olah yang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis minuman atau makanan kesukaan Anda. Anda bisa membuatnya menjadi jus yang segar, es buah, sirup, permen, atau berbagai jenis makanan seperti manisan, permen, keripik, atau puding lidah buaya. Berikut akan kami sajikan contoh resep dann cara mengolah lidah buaya menjadi makanan dann minuman yang lezat, yaitu puding dan es lidah buaya biji selasih.

Cara Mengolah Es Lidah Buaya Biji Selasih Super Segar

Bahan-bahan:

 Lidah buaya yang sudah diolah 600 gram
 Biji selasih kering sebanyak 1 sendok makan, rendam dalam air hingga mekar
 Garam 1 sendok teh
 Gula pasir 400 gram
 Daun pandan 2 lembar, dipotong-potong
 Vanili ½ sendok teh
 Es batu secukupnya
 Air 800 ml

Cara Membuat atau Mengolah

1. Siapkan panci, rebus air sebanyak 800 ml sampai mendidih. Tambahkan gua pasir dan juga daun pandan, kemudian aduk hingga gula menjadi larut.
2. Masukkan vanili dan lidah buaya, aduk-aduk sebentar hingga vanili meresap. Setelah itu, angkat rebusan tadi dan dinginkan.
3. Setelah dingin, sajikan dalam gelas saji yang telah disiapkan. Tambahkan biji selasih dan es batu sesuai selera.

Cara Mengolah Puding Lidah Buaya Super Nikmat

Bahan-bahan

 Lidah buaya lima batang yang sudah diolah
 Agar-agar
 Susu kental manis
 Gula secukupnya

Cara Membuat atau Mengolah

1. Blender lidah buaya yang sudah diolah sebelumnya. Beri air secukupnya sebelum diblender. Saring agar ampasnya terpisah.
2. Didihkan air secukupnya, masukkan agar-agar, susu kental manis, gula dan hasil saringan dari lidah buaya, kemudian aduk-aduk hingga gula larut dan tercampur rata.
3. Setelah semua tercampur rata, kemudian matikan kompor dan diamkan sebentar.
4. Masukkan dalam cetakan yng sudah disiapkan, setelah agak dingin simpan dalam kulkas.
Demikianlah dua cara mengolah lidah buaya menjadi makanan dan minuman yang lezat, yaitu puding lidah buaya dan es lidah buaya biji selasih. Jika Anda tidak ingin repot membersihkan lidah buaya dari duri dan lendir serta mengolahnya, Anda bisa membeli sari lidah buaya yang saat ini banyak dijual di supermarket. Selamat mencoba.