Sabtu, 27 Februari 2016

Cara Mengolah Labu Kuning Menjadi Hidangan Gurih

Cara Mengolah Labu Kuning Hidangan Gurih - Labu kuning merupakan salah satu jenis tumbuhan dan sayuran yang sering kita temukan ketika bulan puasa karena dijadikan sebagai salah satu bahan dasar takjil yaitu kolak. Labu kuning merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dijadikan menjadi berbagai olahan masakan, dan seringnya adalah olahan manis seperti kolak labu, pudding labu, donat labu kuning dan lain sebagainya. Banyak sekali cara mengolah labu kuning sehingga Anda bisa bereksperimen dengan labu kuning menjadi berbagai macam masakan. Teksturnya yang lembut ketika direbus akan menjadikan labu kuning sesuai diolah menjadi berbagai masakan.

cara mengolah labu kuning menjadi makanan,cara mengolah labu kuning untuk diet,cara mengolah labu kuning untuk bayi,cara membuat donat labu kuning,cara mengolah labu kuning untuk mpasi,
www.albumcara.com
Tapi, kali ini kita akan bereksperimen mengolah labu kuning menjadi masakan yang gurih. Labu kuning memang pas dijadikan makanan manis, namun labu kuning juga enak ketika dijadikan menjadi masakan gurih. Namun, sebelum itu lebih baik kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada labu kuning yuk. Di dalam labu kuning terdapat vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti beta karoten, karbohidrat, lemak dan juga protein. Selain itu, di dalam labu kuning juga terdapat zat besi, fosfor, kalsium, natrium, seng, tembaga dan kalium. Karbohidrat di dalam labu kuning akan membuat kita menjadi lebih kenyang, cocok untuk Anda yang tengah menjalani diet.

Selain itu, ada beberapa vitamin yang bagus untuk tubuh terdapat di dalam labu kuning seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E serta vitamin K. tak lupa vitamin B6, asam folat, pro vitamin A, riboflavin, tiamin, asam patoneat. Tak heran dengan kandungan seperti itu, labu kuning sangat bermanfaat dalam merawat kesehatan mata, melawan radikal bebas, kulit menjadi tampak lebih awet muda, mengurangi sembelit, serta mengurangi kadar hipertensi. Manfaat lainnya adalah baik untuk kesehatan tulang dan gigi, dan bagus dikonsumsi untuk penderita kanker serta memiliki zat anti inflamasi. Untuk Anda yang menderita anemia juga disarankan untuk mengonsumsi labu kuning.

cara mengolah labu kuning menjadi makanan,cara mengolah labu kuning untuk diet,cara mengolah labu kuning untuk bayi,cara membuat donat labu kuning,cara mengolah labu kuning untuk mpasi,

Nah, setelah Anda mengetahui kandungan dan manfaat dari labu kuning, kini saatnya Anda mengolah labu kuning menjadi masakan yang lezat. Labu kuning saja sudah cukup lezat jika hanya direbus atau dikukus dengan menggunakan sedikit garam. Tapi kali ini kita akan membuat sayur dengan bahan dasar labu kuning, bahan yang perlu dipersiapkan.

Langkah  Mengolah Labu Kuning Menjadi Hidangan Gurih

1. Labu kuning sebanyak 200 gram
2. Kacang panjang
3. Jagung manis sebanyak 50 gram
4. Cabai hijau sebanyak 2 buah
5. Daun melinjo
6. Air sebanyak 300 ml
7. Santan dari ½ butir kelapa

Untuk bumbu halus dari sayur labu kuning adalah:

1. Bawang putih sebanyak 3 siung
2. Bawang merah sebanyak 5 butir
3. Ketumbar sebanyak ½ sendok teh
4. Kemiri sangrai sebanyak 3 butir

Bahan pelengkap dari sayur labu kuning adalah:

1. Daun salam
2. Lengkuas sebanyak 2 cm
3. Gula merah bisa diganti gula pasir untuk rasa lebih gurih
4. Garam
Selanjutnya adalah tahap dan proses memasak dari sayur labu kuning. Anda bisa mengikuti tahap demi tahap proses sebagai berikut, yaitu:
1. Pertama sekali adalah kupas labu kuning dan potong menjadi bentuk kotak atau dadu. Demikian juga dengan kacang panjang yang dipotong-potong.
2. Lalu bumbu halus bisa diulek atau diblender halus, memarkan juga lengkuas dan iris cabe hijau berbentuk serong atau miring.
3. Dalam sebuah panci, Anda bisa memasukkan air bersih kemudian rebus labu kuning sampai air mendidih.
4. Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menumis bumbu halus. Tumis bumbu halus sampai masak dan mengeluarkan aroma yang harum. Masukkan juga lengkuas dan daun salam, tumis sampai aroma harumnya keluar.
5. Lalu tumisan bumbu halus Anda masukkan ke dalam rebusan labu kuning, dan aduk sampai rata. Anda bisa memberi cita rasa dengan memasukkan garam dan gula pasir atau gula merah sesuai selera Anda. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan baik.
6. Masukkan kacang panjang serta jagung manis yang telah dipipil. Masak sampai setengah matang, kemudian masukkan santan. Aduk-aduk sampai mendidih agar santan tidak pecah.
7. Setelah mendidih, dan semua bahan matang sesaat sebelum diangkat Anda bisa memasukkan daun melinjo muda dan aduk sampai daun melinjo menjadi layu dan angkat.
8. Sayur labu kuning siap dihidangkan.
Demikianlah cara mengolah labu kuning menjadi sebuah hidangan yang lezat. Selamat mencoba.