Kamis, 18 Februari 2016

2 Tips Praktis Cara Mengolah Kornet Yang Enak

Tips Praktis Cara Mengolah Kornet - Cara mengolah kornet yang enak. Anda pasti sudah sangat umum menggunakan kornet untuk campuran bahan makanan. Entah itu untuk nasi goreng, perkedel, mie rebus, telur dadar, spaghetti, sup tahu dan sebagainya. Di supermarket atau minimarket, kornet biasanya dijual dalam bentuk kalengan. Namun, ternyata Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Tentunya akan sangat menghemat pengeluaran Anda apalagi jika Anda tidak dapat terlepas dari kornet. Cara mengolah kornet memang dapat menggunakan campuran apa saja. Bahkan kornet ini tidak hanya menggunakan daging sapi untuk pengolahan tetapi sudah banyak variasi kornet mulai dari kornet ayam serta kornet yang terbuat dari ikan laut.

cara mengolah kornet sapi kalengan,cara mengolah kornet sederhana,cara mengolah kornet kaleng,cara mengolah kornet instan,cara mengolah kornet beef,cara mengolah kornet sapi,


Namun kali ini akan dijelaskan pengolahan kornet daging sapi yang umum digunakan banyak masyarakat Indonesia. Sebelum mengetahui cara mengolah kornet tentunya Anda lebih baik mengetahui cara membuat korrnet terlebih dahulu. Sehingga sewaktu-waktu Anda sedang ingin memasak bisa mencoba membuat korrnet sendiri di rumah yang tentunya dijamin kebersihannya. 

A. Berikut Cara Membuat Kornet Yang Mudah

Bahan Dasar:
- 500 gram daging segar
- 9 gram garam
- 1,5 gram nitrit
- 6 gram gula
- 4 sendok makan susu full cream
- Air mendidih
Bumbu:
- 1,5 gram merica halus
- 1,5 gram pala halus
- 1 buah tomat segar
- 3 siung bawang merah
Cara Membuat:
1. Cara mengolah kornet diawali dengan proses penggaraman. Potong-potong daging sapi menjadi ukuran kecil-kecil. Setelah di potong, tambahkan garam, gula pasir dan nitrit. Lanjutkan dengan mengaduk daging dengan tiga bumbu tadi secara merata.
2. Selanjutnya, simpan daging yang telah bersih tersebut selama lebih kurang 24 jam agar bumbu dan garam meresap secara merata.
3. Setelah 1 hari, daging yang telah diberi garam, selanjutnya dicuci dengan air hingga bersih agar nitrit yang menempel pada daging tidak banyak yang tertinggal.
4. Tambahkan merica dan pala ke dalam daging yang telah diberi bumbu dasar tadi. Lanjutkan dengan memasaknya menggunakan panci presto selama 30 menit sampai empuk dan airnya habis. Kornet telah jadi dan siap digunakan untuk pelengkap makan sehari-hari

cara mengolah kornet sapi kalengan,cara mengolah kornet sederhana,cara mengolah kornet kaleng,cara mengolah kornet instan,cara mengolah kornet beef,cara mengolah kornet sapi,

B. Resep Kornet Spesial

Cara mengolah kornet dengan membuat sendiri memang sangatlah mudah. Bahkan Anda dapat memasaknya sendiri korrnet tersebut. Pasti ketika sudah selesai membuat kornet, Anda menginginkan untuk segera mengolahnya. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat kornet spesial:

Bahan-bahan:
- 350 gram korrnet beef
- 1 lembar daun jeruk
- 100 ml air
- 1 buah telur ayam, dikocok lepas
- 300 ml minyak goreng
- 3 buah cabe rawit, iris-iris tipis
- 4 sendok makan tepung terigu
- 3 siung bawang putih, dicincang
- 1 siung bawang bombay kemudian dicincang
- 75 gr ercis, siangi dulu
- 2 cm lengkuas, dimemarkan dulu
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
Bahan yang harus dihaluskan:
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- 2 buah cabe rawit
- 6 buah cabe merah besar
- 3 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
Cara Membuat:
1. Yang pertama, bawang bombay, bawang putih, serta cabe rawit ditumis terlebih dahulu sampai harum. Setelah itu, masukan kornet beef dan bumbui dengan garam serta gula. Masaklah sampai meresap kemudian angkat.
2. Kemudian kornet dibentuk bulat sebesar biji salak. Setelah itu, guling-guling diatas terigu lalu angkat dan celup dalam telur setelah itu angkat dan tiriskan.
3. Selanjutnya, panaskan minyak goreng. Lalu goreng sampai berubah warna menjadi agak kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan kembali.
4. Cara mengolah korrnet selanjutnya adalah dengan menggunakan 2 sendok makan minyak untuk dipanaskan, tumislah bumbu halus dan daun jeruk seta ditambah lengkuas sampai harum.
5. Tuang air secukupnya, masaklah sampai air surut tinggal setengahnya.
6. Masukkanlah ercis dan korrnet, setelah itu masak sambil sesekali diaduk sampai ercis matang. Yang terakhir angkat dan masakan kornet siap untuk disajikan.
Cara mengolah kornet sangatlah mudah. Bahkan kandungan gizi yang terdapat di dalam kornet ini dapat Anda jadikan salah satu menu andalan sehari-hari. Proses memasak kornet juga sangat mudah dan praktis. Tidak heran sebenarnya jika pengolahan kornet ini digunakan oleh banyak orang. Mulai dari makanan rumahan hingga makanan di restoran-restoran terkenal.