Kamis, 18 Februari 2016

Cara Mengolah Biji Coklat Hingga Menjadi Cokelat Konsumsi

Cara Mengolah Biji Coklat Hingga Menjadi Cokelat Konsumsi - Cara mengolah biji coklat hingga menjadi cokelat konsumsi. Siapa yang tidak mengenal buah kakao? Pasti Anda yang merupakan penggemar cokelat sudah mengetahui tentang buah kakao. Indonesia yang merupakan salah satu penghasil kakao terbanyak di dunia setelah negara Pantai Gading dan Ghana ini tentu saja mampu membuat kakao menjadi salah satu komoditi yang layak dijualbelikan. 

cara mengolah biji coklat secara tradisional,cara mengolah biji coklat sendiri,cara mengolah biji coklat mentah,cara mengolah biji coklat secara manual,cara mengolah biji coklat menjadi coklat,
Baca juga: Tips Praktis Cara Mengolah Kornet

Cara Mengolah Biji Kakao Agar Layak Konsumsi

Cara mengolah biji coklat sebenarnya dapat dilakukan dengan 2 cara utama yaitu dengan membuat cokelat bubuk dan cokelat padat yang nantinya dapat diolah kembali menjadi cokelat yang berupa manisan serta membuat cokelat fermentasi. Berikut ini adalah cara pengolahan biji cokelat yang sangat umum dilakukan oleh pabrik cokelat:
Cara Mengolah:
1. Membersihkan biji kakao terlebih dahulu dari semua bahan asing yang menempel. Selanjutnya dipanggang atau disangrai. Hal ini bertujuan untuk membuat keluar rasa cokelat. Suhu, waktu serta tingkat kelembaban pada saat proses sangrai atau panggang tergantung pada jenis biji kakao yang digunakan.
2. Anda dapat memasukkan biji kakao yang sudah dibersihkan ke dalam mesin penampi. Mesin penampi ini digunakan untuk memisahkan kulit biji dengan biji kakao.
3. Biji kakao selanjutnya akan mengalami proses alkalisasi. Setelah proses alkalisasi ini dilakukan, biji kakao akan memasuki proses penggilingan. Dimana dengan menggunakan proses ini akan membuat partikel kakao menjadi tersuspensi. Tentunya suhu serta tingkat penggilingan akan bervariasi sesuai dengan jenis mesin penggilingan yang digunakan.
4. Langkah selanjutnya adalah mengekstrak cairan cokelat dengan cara dipress. Fungsinya adalah untuk mendapatkan lemak cokelat serta kakao dengan massa padat.
5. Cara mengolah biji coklat pada tahap ini sudah dapat diolah dengan dua cara yang berbeda. Lemak cokelat dapat digunakan dalam pembuatan cokelat sementara kakao dengan massa padat akan dihaluskan menjadi cokelat dalam bentuk bubuk.
6. Lemak coklat nantinya akan dicampur dengan menggunakan gula, susu serta bahan-bahan lainnya. Campuran bahan-bahan tersebut nantinya akan mengalami proses pemurnian kembali sampai pasta coklat lebih halus. Ini digunakan untuk meningkatkan tekstur coklat.
7. Tahap selanjutnya adalah membuat pasta coklat menjadi lebih diperbaharui rasanya dan teksturnya. Cara ini dilakukan dengan menggunakan metode menguleni. Dimana kecepatan, durasi serta suhu akan sangat mempengaruhi hasil akhirnya.
8. Campuran cokelat ini nantinya akan melewati proses pemanasan, pendinginan serta proses pemanasan kembali. Hal ini bertujuan untuk mencegah perubahan warna dan lemak coklat.
9. Jika sudah, campuran coklat ini dimasukkan ke dalam cetakan dan didinginkan.

cara mengolah biji coklat secara tradisional,cara mengolah biji coklat sendiri,cara mengolah biji coklat mentah,cara mengolah biji coklat secara manual,cara mengolah biji coklat menjadi coklat,

Cara mengolah biji coklat dengan penggunaan mesin canggih seperti yang dijelaskan memang akan sangat membantu. Tetapi Anda dapat mengolah biji coklat sendiri di rumah walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut ini proses mengolah biji coklat di rumah:
1. Memesan biji kakao yang sudah difermentasi. Pastikan mutunya terjamin.
2. Proses roasting. Anda dapat menggunakan oven roti. Anda dapat menggunakan baki pemanggang yang tersedia pada oven roti dan meletakkan biji kakao diatasnya. Panggang selama 5 hingga 30 menit dimana proses ini sangat tergantung dengan jumlah, jenis biji serta aroma yang ingin dicapai.
3. Tahap selanjutnya adalah membuang kulit bagian luar. Bagian yang dapat untuk digunakan dalam proses pembuatan coklat adalah bagian dalam biji cokelat. Hal ini tentu saja membuat kulit luar harus dibuang. Anda dapat menggunakan alat khusus untuk membuang kulit ari biji cokelat ini. Jika tidak memiliki alat khusus, Anda dapat menggunakan alat pengering rambut untuk membantu menghilangkan kulit biji kakao.
4. Tahap terakhir adalah menggiling biji kakao tersebut dengan menggunakan blender. Jika sudah berbentuk seperti pasta, maka Anda dapat mencampur dengan susu, gula atau bahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera Anda.
5. Untuk pencampuran bahan dapat menggunakan mixer tetapi harus dilakukan secara terus menerus selama kurang lebih 12 jam agar mendapatkan hasil terbaik. Baru setelah itu cokelat dapat diolah menjadi makanan. 

Cara mengolah biji coklat tentunya dapat menggunakan dua cara seperti diatas. Tetapi untuk mengolah biji coklat agar dapat dikonsumsi tentunya memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Proses yang cukup panjang ini memang masih menjadi kendala pengolahan biji kakao menjadi cokelat. Kuncinya adalah bersabar agar dapat menghasilkan cokelat yang lezat dan aman dikonsumsi.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search