Sabtu, 13 Februari 2016

Tahapan Cara Mengolah Kolang Kaling yang Benar

Cara Mengolah Kolang Kaling yang Benar - Bulan Ramadhan identik dengan sajian makanan berbuka, salah satunya kolang kaling. Kolang kaling yang biasanya disajikan dengan berbagai warna sungguh menarik dan enak. Biasanya diolah menjadi kolak atau pelengkap minuman. Selain wujudnya yang menarik, rasanya pun enak serta mengandung nilai gizi yang tinggi. Sering melihat dan mendengar nama buah kolang-kaling, mungkin Anda bingung sebenarnya buah tersebut berasal dari pohon apa. Di sini kita akan menyinggungnya dan dilanjutkan tentang cara mengolah kolang kaling dengan benar sehingga bisa dimasak dan menjadi hidangan yang lezat. Jangan salah sebut ya, kolang kaling adalah buah, bukan biji meski bentuknya seperti biji besar dan berasal dari biji pohon aren.

cara mengolah kolang kaling untuk diet,cara mengolah kolang kaling sebagai obat,cara mengolah kolang kaling yang benar,cara mengolah kolang kaling untuk es campur,cara mengolah kolang kaling,
Baca juga: Cara Mengolah Buah Bit Rumahan

Buah yang sering diolah menjadi manisan ini berasal dari pohon aren. Anda pasti tahu pohon aren merupakan salah satu pohon yang dapat dimanfaatkan hampir seluruh bagiannya, mulai dari batang sampai buahnya, dan yg paling terkenal adalah gula aren. Pada dasarnya, biji kolang kaling berwarna putih dan mengandung getah yg dapat menyebabkan gatal. Namun setelah beberapa proses pengolahan, buah ini dapat dimakan dan diolah menjadi berbagai hidangan makanan dan minuman. Mengkonsumsi buaah kolangkaling ini dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh Anda karena semua kandungan yg ada sangat kaya akan gizi dan nutrisi.

Adapun kandungan biji kolang-kaling ada beberapa, terutama serat dan mineralnya yang begitu tinggi. Buaah kolang-kaling mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, mineral, fosfat, dan zat besi. Proses pengolahan kolang kaling pun sederhana.

Berikut ini Cara Mengolah Kolang Kaling Dengan Benar

1. Proses memilih buah

Proses pertama adalah pemilihan buah yg harus tepat dan benar. Tentunya segala sesuatu membutuhkan pemilihan yng tepat, seperti memilih buahh yng layak dijual dan yang tidak layak. Begitu juga memilih buahh kolang-kaling harus yg sesuai dengan standar. Biasanya para petani akan mengambil satu sampel buahh yg dibuka sebagai penanda bahwa buahh yang lain memang siap dipetik. Buah kolangkaling yng akan dipetik tidak boleh terlalu muda ataupun tua, harus pas. Buahh kolangkaling yng terlalu muda tidak akan menjadi kolangkaling yg sempurna begitu pula kolang kaling yg terlalu tua, tidak dapat dikonsumsi.

Kolang kaling yg terlalu tua teksturnya keras sehingga tidak dapat diolah menjadi kolang kaling yang enak. Buah yg tua akan nampak seperti batu akik dan oleh petani akan dibiarkan begitu saja berguguran. Biasanya buah yang berjatuhan ini akan dimakan oleh musang luwak. Hewan ini pun cukup membantu perkembangbiakan pohon aren secara alami dengan bantuan hewan. Berbeda lagi dengan buah yng masih muda, dimana teksturnya masih terlalu lembek. Yg paling pas adalah buah kolang kaling yg sudah kenyal. Nah, buah inilah yg siap diolah.

2. Ambil buah kolang kaling

Setelah mendapatkan buah kolang kaling, kini saatnya mengambil buahnya. Tapi berhati-hatilah ketika mengambil buahnya sebab terdapat getah yg akan membuat rasa gatal yang teramat sangat. Biasanya petani akan membawanya langsung ke rumah untuk diolah, namun ada juga yang langsung mengolahnya di sekitar pohon. Tentunya mereka sudah membawa peralatan dari rumah. Dalam sebuah pohon kolang kaling terdapat beberapa tandan buah, yng mana setiap tandan dapat menghasilkan 15 hingga 25 kg kolang kaling yg siap untuk diolah.

cara mengolah kolang kaling untuk diet,cara mengolah kolang kaling sebagai obat,cara mengolah kolang kaling yang benar,cara mengolah kolang kaling untuk es campur,cara mengolah kolang kaling,

3. Rebuslah buah kolang kaling

Setelah mengambilnya, proses pengolahan selanjutnya adalah merebus buah kolang kaling supaya dapat dikonsumsi. Rebuslah buah tersebut selama kurang lebih 30 menit. Namun karena jumlahnya banyak, tentu Anda membutuhkan banyak waktu dan proses perebusan yg berulang-ulang. Buah kolang kaling perlu direbus karena dapat mempermudah pengambilan biji kolang kalingnya dan menghilangkan gatal dari getahnya. Setelah direbus, biji kolang kaling bisa langsung dikonsumsi tanpa harus diolah menjadi makanan atau minuman lain.

4. Ambil biji kolang kaling

Setelah proses perebusan, ambillah biji kolangkaling dengan cara membelahnya. Dalam satu buah kolang kaling terdapat 2 sampai 3 biji kolang kaling. Kini saatnya Anda merendam biji kolang kaling dengan air bersih selama 1 malam dan kolang-kaling pun siap dikonsumsi.
Cara mengolah kolang kaling pun selesai, kini Anda bisa mengkonsumsinya atau diolah lagi menjadi makanan seperti manisan dan campuran es.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search