Kamis, 18 Februari 2016

Manfaat dan Resep Cara Mengolah Jengkol Dibuat Rendang Jengkol Enak Legit

Resep dan Cara Mengolah Jengkol Dibuat Rendang - Siapa yang tak mengenal jengkol? Mungkin hampir semua masyarakat Indonesia mengetahui jengkol, namun belum banyak yang merasakan masakan jengkol. Memang, jengkol mempunyai aroma yang khas, sehingga banyak orang takut untuk mencicipinya. Akan tetapi jika cara mengolah jengkol dengan baik maka akan bau khas dari jengkol akan hilang. Jengkol merupakan salah satu makanan khas favorit orang Indonesia. Jengkol dapat dikonsumsi untuk lalapan dan diolah menjadi masakan khas Indonesia seperti rendang jenkol, semur jenkol, gulai jenkol, sambal goreng dan lainnya. Namun sebaiknya bagi yang pecinta makanan jenkol jangan berlebihan ketika mengkonsumsinya, sebab terdapat kandungan yang kurang bagus jika dikonsumsi terus menerus.

cara mengolah jengkol agar tidak pahit,cara mengolah jengkol mentah,cara mengolah jengkol agar empuk,cara mengolah jengkol muda,cara mengolah jengkol supaya tidak berbau,
Baca juga: Manfaat dan Cara Mengolah Singkong Goreng Pulen

A. Manfaat dan Kandungan Jengkol

Mengenai yang dapat mempengaruhi kerentanan seseorang setelah makan jenkol, belum dapat diketahui secara spesifik. Namun banyak pakar yang menyebutkan disebabkan oleh dua faktor, genetik dan lingkungan. Selain mengandung resiko jika dimakan berlebihan, jenkol mempunyai manfaat untuk kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan jika jenkol mempunyai kandungan protein, karbohidrat, vitamin A, B, C, fosfor, kalsium, minyak atsiri, alkaloid, tanin dan lain-lain.

B. Cara Memasak Rendang Jengkol Legit

Cara mengolah jengkol dengan bumbu rendang sangat cocok untuk disajikan di rumah. Sebelumnya agar bau hilang, rendam jenkol dengan perasan air jeruk atau air kapur kurang lebih 24 jam. Berikut membuat rendang jenkol:

Bahan utama rendang jengkol:

1. 500 gram jengkol
2. 500 ml santan kental
3. 250 ml air matang
4. 1 batang serai dimemarkan
5. 2 lembar daun salam
6. 3 cm jahe dimemarkan
7. Garam halus secukupnya
8. Gula pasir secukupnya
9. Penyedap rasa sesuai selera
10. Minyak secukupnya

Bumbu halus rendang jengkol:

1. 3 cm kunyit sudah dibakar
2. 4 buah kemiri sudah disangrai
3. 5 pcs cabai merah sudah dihilangkan bijinya
4. 6 pcs bawang putih
5. 10 pcs bawang merah
Pelengkap masakan rendang jengkol:
1. Sayur kangkung tumis
2. Taburan bawang goreng

Cara mengolah jengkol legit tanpa bau:

1. Pertama-tama, didihkan jenkol sampai setengah matang lalu biarkan di dalam air sampai 24 jam agar teksturnya menjadi lebih empuk dan tiriskan.
2. Kemudian, buat jenkol menjadi gepeng, caranya dengan memukulnya menggunakan alat pemukul atau batu.
3. Selanjutnya, siapkan bumbu yang dihaluskan dan masak dengan ditumis bersama jahe, serai dan daun salam sampai mengeluarkan aroma enak dan harum.
4. Tambahkan tumisan bumbu dengan jenkol, aduk hingga adonan tercampur merata dann bumbu meresap lalu tambahkan air secukupnya sambil aduk hingga jenkol matang dann empuk.
5. Tambahkan jenkol dengan santan, tuang secara perlahan sambil diaduk merata dann tambahkan gula pasir, penyedap rasa, garam. Angkat lalu sajikan.

cara mengolah jengkol agar tidak pahit,cara mengolah jengkol mentah,cara mengolah jengkol agar empuk,cara mengolah jengkol muda,cara mengolah jengkol supaya tidak berbau,

C. Tips Memilih Jengkol Berkualitas

Salah satu masakan berbahan dasar jenkol yang sangat disukai masyarakat adalah semur dan rendang jengkol. Masakan ini melibatkan banyak sumber bahan dan bumbu di dalam penyajiannya dengan melewati beberapa tahap persiapan sebelum pengolahan atau pemasakan. Namun sebelum mengetahui cara memasak dann mengolahnya, Anda harus mengetahui jenkol yang baik dan berkualitas seperti:

1. Bentuk

Pilihlah jengkol dengan bentuk bulat sempurna atau tidak berbiji gepeng. Jenkol yang kecil dan bulat lebih baik daripada jenkol besar namun gepeng. Sebab jenkol bulat akan lebih enak dan legit.

2. Kulit

Pilihlah jengkol dengan kualitas kulit yang mulus artinya tidak ada bagian yang rusak sama sekali pada jengkol, sebab akan mempengaruhi tekstur maupun rasa jenkol.

3. Jengkol muda

Pilihlah jengkol muda, meskipun teksturnya lebih keras daripada jengkol tua yang mempunyai rasa pahit namun lebih enak jika dimakan mentah dengan sambal.

Jengkol mengandung zat kapur yang cukup banyak, sehingga kurang baik jika dikonsumsi atau dimakan banyak dann cara mengolahnya tidak benar. Biasanya orang yang makan jengkol banyak akan mengalami jengkolan. Resiko terkena jengkolan tergantung pada banyaknya jengkol yang dimakan. Selain itu, tergantung juga dari kerentanan tubuh orang tersebut. Orang yang tidak cocok mengkonsumsi jengkol maka hanya dengan mengkonsumsi sedikit jengkol bisa menyebabkan orang tersebut jengkolan. Ya, demikilanlah informasi mengenai cara mengolah jengkol, semoga bermanfaat.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search