Senin, 29 Februari 2016

Ini Dia Cara Mengolah Jantung Pisang yang Enak dan Lezat

Cara Mengolah Jantung Pisang yang Enak dan Lezat - Pada kesempatan berikut ini akan dibagikan tips cara mengolah jantung pisang menjadi makanan yang lezat. Mungkin bagi sebagian orang, jantung pisang tidak termasuk sebagai bahan makanan yang dapat diolah menjadi sajian lezat. Namun jangan salah, jantung pisang tidak hanya dapat diolah menjadi makanan lezat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Jantung pisang sendiri merupakan bunga dari buah pisang, umumnya hanya dibuang begitu saja. Akan tetapi bagi orang-orang yang mengetahui manfaat dan kenikmatan jantung pisang, tentu sangat disayangkan jika dibuang. Jantung pisang sendiri sangat nikmat jika ditumis dan dibumbui pedas.

cara mengolah jantung pisang agar tidak pahit,cara memasak jantung pisang agar tidak pahit,mengolah jantung pisang menjadi dendeng,cara memasak jantung pisang agar tidak hitam,
Manfaat dari jantung pisang sangat banyak, kandungan nutrisi di dalamnya memang cukup banyak. Kandungan jantung pisang diantaranya yaitu fosfor, vitamin C, vitamin B1, mineral dan juga kalsium. Mengonsumsi jantung pisang dipercaya dapat membantu mencegah terkena berbagai macam penyakit. Jantung pisang disebut-sebut dapat membantu mengeluarkan kolesterol buruk di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, jantung pisang juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Pasalnya kandungan gula di dalam jantung pisang sangatlah rendah, aman dikonsumsi. Selain itu masih banyak lagi manfaat jantung pisang bagi kesehatan tubuh.

cara mengolah jantung pisang agar tidak pahit,cara memasak jantung pisang agar tidak pahit,mengolah jantung pisang menjadi dendeng,cara memasak jantung pisang agar tidak hitam,

Baca juga: Tips Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Rambut yang Mudah Dilakukan


Resep Memasak Tumis Jantung Pisang Pedas

Bagi Anda yang belum pernah mengonsumsi jantung pisang, cobalah resep berikut ini. Buktikan sendiri kenikmatan jantung pisang yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Jika cara pengolahan jantung pisang dilakukan dengan tepat, tentu rasanya enak dan juga lezat. Langsung saja, berikut ini adalah resep cara memasak tumis jantung pisang pedas.

Bahan-bahan:

- Jantung pisang 1 buah
- Cabai rawit merah 10 buah (iris serong)
- Cabai rawit hijau 3 buah (iris serong)
- Cabai merah besar 3 buah (iris serong)
- Bawang merah 3 butir (iris tipis)
- Bawang putih 2 siung (iris tipis)
- Lengkuas 2 ruas jari (memarkan)
- Tomat 1 buah (potong-potong besar)
- Serai 1 batang (memarkan)
- Gula merah secukupnya (sisir halus)
- Garam secukupnya
- Air bersih secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

cara mengolah jantung pisang agar tidak pahit,cara memasak jantung pisang agar tidak pahit,mengolah jantung pisang menjadi dendeng,cara memasak jantung pisang agar tidak hitam,

Cara memasak tumis jantung pisang:

1. Kupas jantung pisang
Sebelum dimasak, kupas jantung pisang yang ingin Anda masak atau Anda tumis tersebut. Kupas bagian luar atau bagian yang sudah tua, sisakan yang masih muda saja. Setelah itu cuci menggunakan air sampai benar-benar bersih, belah menjadi 2 bagian.
2. Rebus jantung pisang
Siapkan air mendidih untuk merebus jantung pisang yang sudah Anda cuci tersebut. Pastikan air sudah mendidih sebelum memasukkan jantung pisang ke dalam panci. Jika air belum mendidih biasanya jantung pisang akan menghitam. Oleh sebab itu pastikan air sudah mendidih dan barulah memasukkan jantung pisang. Rebus jantung pisang sampai matang atau lunak, jika sudah lunak maka Anda dapat mengangkat dan meniriskannya terlebih dahulu.
3. Iris jantung pisang
Setelah jantung pisang dingin, Anda dapat memotong atau mengirisnya sesuai dengan keinginan Anda. Namun sebaiknya iris tipis atau kecil-kecil saja, setelah itu remas-remas jantung pisang tersebut agar terasa lebih nikmat.
4. Tumis bumbu
Panaskan minyak goreng secukupnya, setelah panas masukkan bawang merah dan bawang putih. Masukkan juga cabai, lengkuas, tomat dan serai lalu aduk-aduk sampai layu. Setelah itu siram menggunakan air sedikit saja, masukkan garam dan gula merah lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.
5. Masukkan jantung pisang
Masukkan jantung pisang ke dalam wajan, aduk-aduk agar semua bahan dapat tercampur merata. Setelah itu tunggu sampai airnya menyusut, cicipi terlebih dahulu sebelum diangkat. Jika sudah matang, Anda dapat segera menyajikan tumis jantung pisang pedas buatan Anda. 

Agar terasa lebih nikmat, Anda juga dapat menambahkan penyedap rasa atau kaldu ayam secukupnya. Larutkan bumbu-bumbu dengan air secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Setelah bumbu larut barulah Anda dapat memasukkan jantung pisang ke dalamnya. Penting untuk Anda ketahui, tidak semua jantung pisang dapat Anda masak. Hanya jantung pisang dari beberapa jenis pisang saja yang dapat dikonsumsi. Oleh sebab itu sebaiknya beli saja jantung pisang yang dijual di pasaran. Itulah yang dapat disampaikan mengenai cara memasak tumis jantung pisang pedas. Semoga ulasan cara mengolah jantung pisang ini dapat bermanfaat.