Senin, 29 Februari 2016

Cara Mengolah Ikan Bandeng Bumbu Kuning yang Lezat dan Nikmat

Cara Mengolah Ikan Bandeng Bumbu Kuning - Cara mengolah ikan bandeng sebenarnya tidaklah sulit, ada banyak resep yang dapat Anda coba. Salah satunya yaitu resep berikut ini yaitu resep ikan bandeng bumbu kuning yang enak dan lezat. Ikan bandeng bumbu kuning merupakan salah satu kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebenarnya ada banyak yang menjualnya, namun tidak ada salahnya jika Anda memasaknya sendiri. Dengan begitu pengalaman memasak Anda akan lebih banyak serta ikan bandeng bumbu kuning yang Anda santap lebih higienis. Jika membelinya, belum tentu ikan bandeng bumbu kuning yang Anda beli higienis.

cara memasak ikan bandeng yang enak,resep masak ikan bandeng enak,resep olahan ikan bandeng,aneka resep ikan bandeng,aneka olahan ikan bandeng,resep bandeng bumbu kuning pedas,

Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning

Memasak ikan bandeng bumbu kuning bukan hanya pekerjaan ibu rumah tangga atau kaum wanita saja. Bagi Anda para pria, Andaa juga dapat memasak ikan bandeng bumbu kuning yang enak dan lezat. Cukup ikuti resep berikut ini dengan benar maka Andaa dapat memasak ikan bandeng bumbu kuning yang nikmat. Sebelum memulai memasak, sediakan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini.

Bahan utama:

- Ikan bandeng 500 gram
- Jeruk nipis 1 buah (gunakan airnya saja)
- Jahe 2 cm (memarkan)
- Serai 2 barang (memarkan)
- Cabai merah besar 1 buah (iris serong)
- Daun bawang 1 helai (iris tipis)
- Garam 2 sendok teh atau secukupnya
- Gula pasir 2 sendok teh
- Air bersih 500 ml
- Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk bumbu halus:

- Bawang putih 2 siung
- Bawang merah 4 butir
- Kunyit 3 cm
- Merica ¼ sendok teh
- Kemiri 2 butir

cara memasak ikan bandeng yang enak,resep masak ikan bandeng enak,resep olahan ikan bandeng,aneka resep ikan bandeng,aneka olahan ikan bandeng,resep bandeng bumbu kuning pedas,

Cara memasak ikan bandeng bumbu kuning:

1. Bersihkan ikan bandeng
Silakan bersihkan ikan bandeng yang sudah Andaa siapkan, buang kotorannya lalu cuci hingga bersih. Setelah itu lumuri ikan menggunakan air perasan jeruk nipis, diamkan selama 15 sampai 30 menit. Selanjutnya cuci kembali ikan bandeng lalu tiriskan, sisihkan terlebih dahulu. Andaa dapat memotong-motong ikan bandeng sesuai selera atau membiarkannya utuh, pilih sesuai keinginan Anda.
2. Haluskan bumbu
Selanjutnya, haluskan bahan-bahan untuk bumbu halus menggunakan cobek. Haluskan sampai benar-benar halus lalu sisihkan terlebih dahulu.
3. Goreng ikan bandeng
Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan bandeng, usahakan agar ikan bandeng terendam minyak secara sempurna. Jika sudah panas, masukkan dan goreng ikan bandeng sampai matang. Jika ikan bandeng sudah matang, angkat lalu tiriskan terlebih dahulu.
4. Tumis bumbu
Panaskan minyak goreng secukupnya lalu tumis bumbu halus yang sudah Anda sisihkan. Masukkan juga serai dan jahe lalu tumis bumbu hingga tercium bau harum dan warnanya berubah menjadi kecokelatan. Setelah itu Anda dapat menyiramnya menggunakan air bersih yang sudah Anda siapkan.
5. Masukkan ikan bandeng
Aduk-aduk sampai tercampur merata lalu masukkan garam dan gula, aduk kembali. Setelah itu masukkan ikan bandeng ke dalam wajan dan aduk-aduk secara perlahan. Masukkan juga cabai merah dan daun bawang, aduk kembali perlahan saja agar ikan bandeng tidak rusak.
6. Sajikan
Tunggu selama beberapa menit setelah airnya mendidih, biarkan bumbu meresap ke dalam daging ikan bandeng. Cicipi terlebih dahulu setelah itu Anda dapat mengangkat dan menyajikannya segera.

Anda dapat segera menyajikan ikan bandeng bumbu kuning buatan Anda di meja makan. Nikmati segera selagi masih hangat bersama orang-orang terkasih atau keluarga Anda. Cukup mudah bukan memasak ikan bandeng bumbu kuning yang enak dan lezat. Anda dapat mencoba resep tersebut di rumah dan buktikan kelezatan ikan bandeng bumbu kuning. Ikan bandeng sendiri paling nikmat jika dimasak presto terlebih dahulu. Dengan begitu duri-durinya terasa lunak, sehingga aman dikonsumsi anak-anak yang belum dapat memilih duri sendiri. Namun Anda harus memiliki panci presto untuk memasak ikan bandeng presto.

Jika Anda memiliki presto, Anda dapat memasak presto ikan bandeng terlebih dahulu sebelum dimasak bumbu kuning. Atau Anda dapat memasak ikan bandeng bumbu kuning dengan menggunakan panci presto. Caranya yaitu dengan memasukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam panci presto. Setelah itu masukkan juga ikan bandeng, cabai, daun bawang dan air bersih, tutup panci dan masak selama 5 sampai 10 menit. Demikian ulasan yang dapat dibagikan mengenai cara mengolah ikan bandeng bumbu kuning, selamat mencoba.