Minggu, 28 Februari 2016

Tips dan Cara Mengolah Beras Merah Agar Pulen

Tips dan Cara Mengolah Beras Merah - Cara mengolah beras merah agar pulen dan enak memang sedikit berbeda dengan cara memasak beras biasa. Hal ini terkait dengan karakter beras merah yang lebih keras dibanding beras putih. Beras merah hanya melalui proses satu kali giling, sehingga tidak semua kulit arinya terkelupas. Inilah yang membuat tekstur berasnya lebih keras.

cara mengolah beras merah untuk makanan bayi,cara mengolah beras merah untuk bayi,cara mengolah beras merah untuk diet,cara memasak beras merah dengan rice cooker,
Baca juga: Cara Mengolah Buah Markisa Untuk Diet Yang Sehat
Namun, di balik teksturnya yang relatif keras, beras merah menyimpan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Dengan hanya satu kali proses giling, beras merah kaya akan serat yng kita ketahui sangat diperlukan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi beras merah sebanyak satu cangkir per hari bisa memenuhi 80% dari kebutuhan serat yng berperan penting dalam menjaga metabolisme tubuh.

Selain itu, beras merah juga mengandung berbagai nutrisi daan senyawa aktif yng sangat bermanfaat bagi tubuh. Warna merah pada beras merah bisa terjadi karena beras ini mengandung zat warna alami yng disebut dengan zat antosianin. Zat ini diketahui merupakan antioksidan alami yng bisa berfungsi sebagai anti kanker daan sekaligus menjaga tekanan darah kita agar tetap pada kisaran normal.

cara mengolah beras merah untuk makanan bayi,cara mengolah beras merah untuk bayi,cara mengolah beras merah untuk diet,cara memasak beras merah dengan rice cooker,

Beras merah juga mengandung vitamin B kompleks, daan juga vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Kandungan nutrisi lainnya juga sangat mencengangkan. Beras ini mengandung magnesium dan selenium yang sangat diperlukan tubuh untuk menguatkan tulang, dan juga asam amino serta protein yang relatif lebih tinggi dibanding beras putih biasa.

Namun, seringkali para ibu tidak menyukai beras merah karena nasinya menjadi keras dan tidak pulen. Nah, berikut ini kami akan membahas bagaimana cara mengolah beras merah agar hasil masakannya pulen serta enak. Sebenarnya caranya juga tidak rumit, hanya perlu menambahkan sedikit perlakuan berbeda pada saat memasak. Berikut akan kami sampaikan tiga cara memasak beras merah.

Cara Memasak Dengan Kukus

Apabila Anda memasak nasi dengan menggunakan model kukus, cara memasaknya ada dua tahap. Tahap yang pertama, yaitu:
1. Beras dicuci di bawah air yng mengalir untuk menghilangkan kotoran maupun sisa pestisida. Jika Anda menggunakan beras organik, Anda hanya perlu mencucinya sekali saja, karena beras organik tidak menggunakan pupuk dan pestisida berbahan kimia.
2. Masukkan beras ke dalam panci yang sudah diberi air dengan perbandingan 1:5.
3. Rebus menggunakan api sedang tanpa menggunakan penutup.
4. Tunggu hingga airnya mendidih. Apabila muncul busa pati, ambil busanya menggunakan sendok, namun jangan sampai mengenai beras. Setelah itu matikan kompor dan tiriskan.
Tahap pertama menanak beras merah telah selesai. Selanjutnya kita akan masuk ke tahapan kedua, yaitu:
1. Siapkan dandang atau panci kukus, beri air secukupnya. Setelah itu beras yang sudah setengah matang dimasukkan.
2. Tambahkan daun pandan yang sudah dicuci bersih untuk menambah aroma.
3. Tunggu hingga nasi tanak.

Cara Memasak Beras Merah Menggunakan Rice Cooker

1. Anda tetap bisa menghasilkan nasi merah yng pulen dan nikmat meskipun menggunakan rice cooker. Berikut cara memasak beras merah menggunakan rice cooker:
2. Setelah beras selesai dicuci, masukkan ke dalam rice cooker. Tambahkan air dengan perbandingan 1:3. Satu cangkir beras diberi air sebanyak 3 cangkir.
3. Tambahkan daun pandan agar aroma beras semakin harum dan sedap.
4. Setting rice cooker dalam posisi warm atau posisi hangat selama kurang lebih 30 menit.
5. Setelah 30 menit kemudian diaduk-aduk sebentar dan pindah posisi rice cooker ke posisi memasak, atau tekan saja tombol cook.
6. Tunggu hingga tombol cook beralih ke posisi warm. Berarti nasi Anda sudah tanak.

Cara Memasak Beras Merah Menggunakan Panci Presto

1. Selain menggunakan rice cooker dan kukus, Anda bisa memasak beras merah dengan cara di-steam menggunakan panci presto. Caranya adalah:
2. Masukkan beras yang sudah dicuci pada panci khusus steam. Tambahkan air dengan perbandingan 1:3.
3. Jika Anda suka, Anda bisa menambahkan daun pandan untuk menambah citarasa dan aroma.
4. Siapkan panci presto, didihkan air secukupnya dalam panci presto.
5. Masukkan panci steam ke dalam panci presto berisi air tersebut dan tutup rapat panci presto.
6. Tunggu hingga 30 menit, nasi merah Anda pun sudah siap disantap.
Itulah beberapa cara mengolah nasi merah yang bisa Anda coba di rumah. Namun cara tersebut sangat mungkin memberikan hasil yang sedikit berbeda saat Anda praktekkan. Hal ini dipengaruhi oleh jenis beras merah yang digunakan serta juga alat masak yang Anda pergunakan. Semakin sering Anda mempraktekkan, semakin mudah untuk mendapatkan takaran yang pas sesuai dengan alat masak yang Anda gunakan. Selamat mencoba.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search