Minggu, 28 Februari 2016

Resep Cara Mengolah Belut Rica-Rica Pedas

Resep Cara Mengolah Belut Rica-Rica - Belut merupakan salah satu ikan yang bentuknya memanjang seperti ular dan hidup dalam lumpur. Banyak orang yang merasa enggan mengolah belut karena belut termasuk ikan yang mempunyai banyak lendir sehingga licin untuk ditangkap. Padahal belut ini termasuk dalam ikan yang mempunyai banyak mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan otak. Dalam belut ini mengandung protein yang cukup tinggi. Protein ini bisa mencukupi kebutuhan nutrisi otak setiap harinya. Selain mempunyai banyak manfaat, belut juga mempunyai cita rasa yang enak jika diolah dengan benar.

cara mengolah belut agar tidak amis,cara mengolah belut untuk bayi,cara memasak belut untuk bayi,cara memasak belut goreng,cara memasak belut yang enak,cara membuat keripik belut renyah,
Baca juga: Cara Mengolah Daun Cincau Hijau Untuk Mencegah dan Mengobati Kanker

Cara Mengolah Belut Sebelum Dimasak

Cara mengolah belut dengan benar dimulai dari bagaimana mengolah belut sebelum dimasak. Mengolah belut sebelum dimasak sangat penting agar rasa masakan yang dihasilkan enak. Hal pertama yng harus dilakukan untuk mengolah belut yaitu membersihkan belut dari kotoran. Blut termasuk ikan yang licin dan sulit ditangkap, sehingga untuk mempermudahkan Anda dalam membersihkannya, balurilah blut dengan menggunakan abu gosok. Abu gosok akan menempel pada kulit blut yng licin sehingga memudahkan Anda dalam memegang blut.

Bersihkanlah isi perut belut dengan cara membelah perut blut dan mengeluarkan isinya. Cara mengeluarkan isi perut belut yaitu dengan membelah perut memanjang dan searah dengan badan belut. Kemudian keluarkan isi perut belut dengan hati-hati jangan sampai mengenai daging blut. Isi perut belut yang mengenai daging blut akan merusak rasa dari daging belut sendiri. Daging blut yng terkena isi perutnya akan menjadi pahit dan kurang enak jika diolah atau dimasak. Jadi, berhati-hatilah pada saat mengeluarkan isi perut blut.

cara mengolah belut agar tidak amis,cara mengolah belut untuk bayi,cara memasak belut untuk bayi,cara memasak belut goreng,cara memasak belut yang enak,cara membuat keripik belut renyah,

Belut yang sudah dibersihkan dari isi perutnya, sebaiknya dicuci dengan menggunakan air yng mengalir sampai bersih. Mencuci belut harus dilakukan dengan menggunakan air yng mengalir agar semua kotoran dalam blut bisa hilang. Setelah bersih kemudian belut direndam dalam parutan mentimun. Tujuan perendaman ini adalah untuk menghilangkan bau tanah dan bau amis pada ikan belut. Anda juga bisa menggunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada blut. Rendamlah blut kurang lebih selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air. Blut siap untuk diolah.

Resep Belut Rica-Rica Pedas

Salah satu cara mengolah belut adalah dengan memasaknya dengan menggunakan bumbu rica-rica. Masakan rica-rica blut mempunyai cita rasa pedas yng khas sehingga membuat siapa saja yang mencicipinya akan merasa ketagihan. Bahan yang diperlukan untuk membuat blut rica-rica ini yaitu:

Bahan utama:

• Belut segar 500 gram
• Merica bubuk ¼ sendok teh
• Minyak sayur 75 mililiter atau 3 sendok makan
• Minyak goreng ¼ kg
• Daun pandan 1lembar
• Garam 1 ½ sendok teh
• Daun jeruk purut 2 lembar
• Tomat 2 buah

Bumbu halus:

• Bawang merah 4 butir
• Bawang putih 3 siung
• Cabe merah keriting 3 buah
• Cabe merah besar 5 buah
• Cabe rawit 6 buah
• Jahe 2 cm

Cara mengolah belut rica-rica yaitu:

1. Bersihkanlah blut dengan cara seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Blut yang sudah bersih dan siap diolah kemudian digoreng dengan menggunakan ¼ kg minyak goreng panas sampai kering dan matang. Sisihkan belut yang sudah digoreng ini.
2. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan menggunakan 3 sendok makan minyak sayur sampai harum. Selanjutnya tambahkan daun jeruk dan daun pandan lalu tumis lagi sampai harum.
3. Tambahkan blut pada tumisan bumbu dan aduk sampai rata. Masukkan garam ½ sendok teh dan merica bubuk ½ sendok teh lalu aduk lagi sampai matang.
4. Sajikan dalam piring selagi hangat bersama dengan nasi hangat.
Selain diolah dengan bumbu rica-rica, blut juga bisa diolah dengan menggunakan bumbu lainnya. Cita rasa blut yang sudah enak dipadukan dengan berbagai macam bumbu maka akan tetap menghasilkan rasa masakan yang enak. Yang terpenting dalam mengolah blut adalah memasaknya sampai matang. Hindari memasak blut setengah matang. Selain rasanya kurang enak, belut setengah matang juga tidak baik untuk dikonsumsi. Selamat mencoba mengolah belut rica-rica.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search