Sabtu, 10 Februari 2018

Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Jahe Merah Serbuk

Cara mengolah jahe merah - Kali ini albumcara akan mengulas mengenai Jahe merah yang merupakan salah satu jenis jenis rempah rempah yang banyak di temui di Indonesia dengan berbagai manfaat juga khasiatnya. Jahe merah sendiri di Indonesia lebih banyak digunakan sebagai bahan minuman untuk lebih mendapatkan khasiat yang dihasilkan dari si jahe merah tersebut. Jahe merah sendiri di Indonesia juga dijadikan komoditi besar pasar ekspor dalam hal ekonomi. Baik jahe merah dalam bentuk rimpang maupun dalam bentuk serbuk.

Jika anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang ingin membuat olahan jahe merah serbuk yang dapat dijual di pasaran, maka artikel ini dapat anda jadikan sebagai bahan referensi mengenai Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Jahe Merah Serbuk. Pengolahan jahe merah menjadi serbuk sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit dan juga tidak membutuhkan biaya ataupun alat yang besarr seperti halnya pabrik.

Jahe merah

Cara mengolah jahe merah menjadi jahe merah serbuk

Industri rumahan pun dapat membuah olahan jahe merah serbuk ini untuk keperluan penjualan ataupun keperluan konsumsi priibadi. Baiklah, langsung saja untuk cara pertama dari pengolahan jahe merah menjadi serbuk adalah menyiapkan jahe merah yang telah dibeli di pasaran. Lalu yang kedua adalah memilah antara jahe yang memiliki kualitas dengan jahe merah yang sama sekali tidak berkualitas dengan cara merendamnya ke dalam air. Pada tahap ini, jahe merah yang mengambang adalah jahe jahe yang tidak dapat dipakai atau jahe dengan khualitas buruk.

Selanjutnya adalah, jahe merah yang tenggelam di dasar tersebut di kupas kulitnya dibersihkan sampai bersih. Setelah bersih saatnya melakukan perajangan jahe merah tersebut, perajangan ini bertujuan untuk memudahkan proses penggilihan dari jahe merah dengan menggunakan alat blender. Dalam proses penggilingan ini, jahe ditambahkan dengan 2 gelas air putih lalu ditunggu hingga benar benar halus. Lalu langkah selanjutnya adalah proses penyaringan jahe merah yang telah di blender.

Dalam proses ini yang perlu disiapkan adalah sarung tangan bersih, penyaring dan wadah besar di bawahnya. Setelah proses penyaringan selesai, jahe yang telah disaring tersebut berada di wadah untuk diendapkan selama satu hari. Hal ini bertujuan untuk memisahkan pati dengan sari jahe merah itu sendiri. Setelah pengendapan selesai, saatnya menuju ke proses terakhir dari Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Jahe Merah Serbuk.

Proses ini membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk melakukan pengadukan hingga jadi serbuk. Jahe merah yang telah dipisahkan dari pati tadi langsung dapat dimasukkan ke dalam wajan penggorengan ditambahkan dengan gula untuk kristalisasinya. Saat proses terakhir ini, satu hal yang pasti adalah menggunakan api kecil agar jahe merah tidak gosong. Selanjutnya adalah mengaduk jahe merah bercampur gula tersebut hingga jahe merah tersebut membentuk kristal kristal serbuk kering yang siap di seduh.

jahe merah serbuk


Baca Juga : Cara Mengolah Bawang Dayak


Demikian artikel yang membahas mengenai Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Jahe Merah Serbuk. Kunci untuk mendapatkan rasa yang mantab dan nikmat adalah dengan melakukan eksplorasi serta percobaan terus menerus terhadap jahe merah serbuk tersebut.