Selasa, 23 Februari 2016

Cara Mengolah Temulawak untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara Mengolah Temulawak untuk Menjaga Kesehatan Tubuh - Berikut ini akan dibagikan tips cara mengolah temulawak yang mudah dan praktis. Temulawak adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Temulawak sendiri tampak seperti kunyit, warna rimpangnya yaitu kuning muda dan kuning tua. Temulawak memiliki rasa yang agak atau cenderung pahit, aromanya juga sangat kuat. Tanaman herbal ini mengandung senyawa aktif yang memiliki khasiat dan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Tidak jarang orang memanfaatkan temulawak untuk menjaga kesehatan, cara pengolahannya sendiri tidaklah sulit.

cara mengolah temulawak yang benar,cara mengolah temulawak menjadi minuman,cara mengolah temulawak untuk obat liver,cara mengolah temulawak untuk obat hepatitis,
Baca juga: Manfaat dan Cara Mengolah Teratai Salju

Kandungan yang ada di dalam temulawak antara lain yaitu glukosa, minyak atsiri, turmenol, karbinol, kurkumin, felandrean, foluymetik dan desmetoksikurkumin. Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh sangat luar biasa dan banyak. Di antaranya yaitu dapat mencegah pembentukan lemak jahat berlebih di dalam hati. Selain itu temulawak juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri sendi dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Temulawak juga bermanfaat membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, manfaat lain dari temulawak yaitu dapat meningkatkan nafsu makan dan mencegah perkembangan sel kanker.

Cara Pengolahan Temulawak Menjadi Obat Herbal

Setelah dilakukannya beberapa penelitian, ternyata temulawak dapat dimanfaatkan untuk mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, temulawak menjadi salah satu tanaman herbal yang banyak dicari. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan atau menyembuhkan penyakit, Anda dapat memanfaatkan temulawak. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah temulawak menjadi obat herbal. Di antaranya yaitu:

1. Cara pertama

Sediakan terlebih dahulu bahan-bahannya, antara lain yaitu temulawak sekitar 1 jari. Iris tipis temulwak tersebut, lalu sediakan pula daun ungu sebanyak 10 lembar kemudian cuci dan remas-remas. Rebus kedua bahan tersebut menggunakan air putih sebanyak 1 gelas, rebus sampai mendidih lalu saring. Tunggu hingga dingin lalu minum ramuan tersebut 2 kali sehari, lakukan metode ini secara rutin.

2. Cara kedua

Untuk cara yang kedua ini, Anda membutuhkan banyak bahan herbal lain. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan di antaranya yaitu temulawak, kunyit, daun sambiloto kering, temu putih, temu mangga, ceplukan kering dan meniran. Sediakan semua bahan-bahan tersebut masing-masing sebanyak 10 gram lalu rebus menggunakan air putih sebanyak 2 gelas. Rebus hingga airnya sedikit menyurut, setelah itu dinginkan lalu saring. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari, lakukan cara ini secara rutin sampai kesehatan Anda pulih.

3. Cara ketiga

Sama seperti cara yang kedua, cara yang ketiga ini membutuhkan bahan herbal lain yang cukup banyak. Bahan-bahannya yaitu:
- Temulawak 100 gram
- Daun pandan 4 lembar
- Asam kawak 40 gram
- Gula aren 200 gram
- Kencur 50 gram
- Jinten 20 gram
- Air bersih 6 gelas

cara mengolah temulawak yang benar,cara mengolah temulawak menjadi minuman,cara mengolah temulawak untuk obat liver,cara mengolah temulawak untuk obat hepatitis,

Cuci bersih bahan-bahan yang perlu dicuci, setelah itu iris tipis temlawak. Untuk daun pandan sebaiknya ditali simpul agar lebih mudah mengolahnya. Sementara untuk asam kawak sebaiknya tidak perlu menggunakan bijinya. Masukkan semua bahan ke dalam panci lalu rebus sampai airnya tinggal setengahnya saja. Saring ramuan tersebut lalu minumlah setelah dingin, minum sebanyak ½ gelas dalam sekali minum.

Selain yang sudah dibagikan tersebut, sebenarnya masih ada banyak cara lain utuk mengolah temlawak. Anda bahkan dapat mengiris tipis temulawak lalu merebusnya, airnya dapat Anda minum sampai habis. Jika ingin menambahkan rasa, Anda dapat menambahkan madu murni ke dalamnya. Anda dapat melakukan cara ini setiap hari secara rutin utuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Apapun penyakit yang Anda derita, cobalah untuk memanfaatkan tanaman herbal temlawak. Buatlah ramuan dengan resep di atas dan lakukan pengobatan secara rutin sampai penyakit Anda sembuh. 

Temulawak juga sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita penyakit maag, Anda dapat membuat ramuan dari temulawak setiap hari. Untuk mengobati maag, Anda tidak harus merebus tanaman herbal temlawak. Anda dapat mengiris tipis temlawak lalu menyeduhnya menggunakan air panas, tunggu sampai ramuan menjadi hangat. Jika sudah hangat, Anda dapat meminum ramuan tersebut untuk mengatasi sakit maag yang Anda derita. Sangat disarankan bagi Anda untuk memanfaatkan temulawak segar, bukan temulawak bubuk atau hasil olahan. Sekian uraian mengenai cara mengolah temulawak, semoga dapat bermanfaat.
 
Food & Drink Blogs
best Food & Drink blogs Top education_training blogs blog search
blog search