Senin, 29 Februari 2016

Resep Cara Mengolah Makaroni yang Enak, Lezat dan Mudah

Resep Cara Mengolah Makaroni yang Enak - Cara mengolah makaroni sebenarnya tidak sulit, namun banyak orang yang merasa kesulitan dalam mengolahnya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang kesulitan dalam mengolah makaroni, Anda dapat menyimak uraian berikut. Makaroni adalah salah satu jenis pasta kering, bentuknya tidak seperti mi. Makaroni berbentuk seperti pipa, bagian tengahnya berlubang layaknya pipa. Bentuk makaroni umumnya kecil dan melengkung, warnanya kuning dan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Harga makaroni kering sangatlah terjangkau, Anda dapat membeli bahan makanan yang satu ini dengan mudah dan murah

cara mengolah makaroni kering,resep masakan berbahan dasar makaroni,resep makanan menggunakan makaroni,cara memasak makroni,resep makanan berbahan dasar makaroni,
Baca Juga: Berbagai Macam Cara Mengolah Roti Tawar Menjadi Makanan Lezat
Untuk pengolahannya sendiri hampir mirip dengan cara pengolahan mi, yang mana Anda harus merebusnya terlebih dahulu. Jika sudah direbus barulah Anda dapat mengolah makaroni untuk dijadikan sajian lezat. Untuk perebusan sendiri tidak jauh berbeda seperti merebus mi, sebaiknya gunakan panci yang cukup. Makaroni ini dapat mengembang 2 sampai 3 kali lipat dari ukuran semula ketika masih kering. Oleh sebab itu, jangan sampai meluber ketika Anda merebus makaroni, gunakan panci yang cukup besar. Sama seperti mi, jika direbus terlalu cepat terasa kurang matang dan jika terlalu lama seperti bubur.

Cara Memasak Makaroni Enak dan Lezat

Jika Anda merasa kesulitan memasak makaroni, Anda dapat mengikuti resep yang akan dibagikan berikut ini. Makaroni dapat diolah menjadi berbagai sajian lezat, cara pengolahannya sebenarnya cukup mudah. Anda dapat mengolah makaroni sebagai bahan campuran untuk membuat sup atau untuk makanan lainnya. Langsung saja, berikut ini ada resep membuat sajian lezat dengan menggunakan bahan dasar makaroni.

cara mengolah makaroni kering,resep masakan berbahan dasar makaroni,resep makanan menggunakan makaroni,cara memasak makroni,resep makanan berbahan dasar makaroni,

Bahan-Bahan Mengolah Makaroni yang Enak

- Makaroni kering 100 gram
- Daging ayam 100 gram
- Bawang merah 3 butir
- Bawang putih 2 siung
- Saus tomat 3 sendok makan
- Saus sambal 5 sendok makan
- Kecap manis 1 sendok teh
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Cabai rawit merah 10 buah
- Cabai merah besar 5 buah
- Tomat berukuran besar 1 buah
- Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak Makaroni Enak dan Lezat

1. Rebus makaroni
Sebelum dimasak, rebus makaroni menggunakan air mendidih secukupnya. Tambahkan sedikit garam agar makaroni terasa gurih, namun jangan terlalu banyak. Ketika direbus, garam akan meresap ke dalam makaroni sehingga rasanya tidak terlalu hambar. Jika sudah mengembang, angkat lalu cuci makaroni lalu tiriskan terlebih dahulu.
2. Cincang daging ayam
Selanjutnya, cuci bersih daging ayam lalu cincang halus daging ayam tersebut. Sisihkan terlebih dahulu, pastikan daging ayam sudah dicincang dengan sempurna.
3. Siapkan bumbu
Untuk bawang merah sebaiknya diiris tipis, sementara bawang putih sebaiknya dicincang halus. Sedangkan cabai rawit dan cabai merah besar diulek saja dan tomatnya dicincang halus.
4. Tumis bumbu
Panaskan minyak goreng secukupnya, masukkan bawang merah, bawang putih dan juga cabai. Tumis hingga baunya harum lalu masukkan tomat, aduk-aduk sampai tomat layu. Jika terlalu kental, tambahkan air bersih sedikit saja untuk melarutkan.
5. Masukkan kecap dan saus
Selanjutnya masukkan kecap manis, saus tomat dn saus sambal lalu aduk-aduk lagi sampai tercampur merata.
6. Masukkan daging ayam
Kemudian masukkan daging ayam ke dalam wajan, masukkan juga garam, gula dan juga penyedap rasa. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur secara sempurna, kecilkan api lalu masukkan makaroni yang sudah direbus. Anda dapat menambahkan sedikit air agar masakan Anda tidak mudah gosong, jangan terlalu banyak.
7. Sajikan
Masak makaroni sampai bumbunya mengental, jika sudah matang Anda dapat segera mengangkat dn menyajikan makaroni tersebut. Jika bumbu dirasa belum tercampur merata, Anda dapat menambahkan sedikit air lalu aduk-aduk kembali dan tunggu sampai mengental kembali.
Jika Anda malas membuat sajian tersebut, Anda dapat membeli saus siap saji yang dapat Anda beli di pasar. Namun untuk rasanya tentu jauh lebih nikmat jika Anda memasaknya sendiri dengan resep tersebut. Jika membeli saus siap saji umumnya rasanya kurang nikmat serta harganya lebih mahal. Penting untuk Anda ingat, ketika merebus makaroni jangan terlalu lunak agar tidak seperti bubur. Makaroni paling enak jika teksturnya kenyal, oleh sebab itu jangan merebusnya terlalu lama. Begitulah cara mengolah makaroni menjadi sajian yang enak dan lezat, Anda dapat mencobanya sendiri di rumah.