Jumat, 19 Februari 2016

Cara Mengolah Jamur Dengan Sehat

Cara Mengolah Jamur Dengan Sehat - Cara mengolah jamur dengan sehat. Jamur merupakan salah satu makanan favorit di Asia, termasuk Indonesia. Rasanya cukup enak dan gurih. Begitu pula dengan kandungan nutrisinya yang bermanfaat bagi tubuh manusia yang membuat makanan ini kerap menjadi berbagai macam hidangan. Yang terpenting dalam menggunakan jamur ini tentunya proses mengolahnya serta mengkonsumsi yang harus dilakukan dengan benar. Yang pertama harus diketahui adalah apakah jamur yang akan dimasak benar-benar merupakan jenis jamur yang aman dimakan, sebab tak sedikit jenis jamur di dunia ini yang mengandung racun.

cara mengolah jamur kancing,cara mengolah jamur tiram yang benar,cara mengolah jamur crispy,cara mengolah jamur champignon,cara mengolah jamur kuping kering,cara mengolah jamur enoki,
www.albumcara.com
Cara mengolah jammur yang harus diperhatikan adalah cara memasak jammur itu sendiri. Apabila Anda tidak benar dalam memasak jammur tentu akan dapat berakibat fatal. jammur memang merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah ditemui disekitar kita. Harganya cukup terjangkau, namun ketika sudah diolah tentunya akan memberikan nilai jual yang cukup tinggi pula. Mengolah jammur sendiri tentunya berbeda antara jammur yang satu dengan jammur yang lainnya. Anda diharapkan tidak menggunakan cara pengolahan yang sama untuk jammur yang berbeda agar racun di dalam jammur bisa dihilangkan dengan sempurna.

Berbagai Cara Mengolah Jamur Agar Dapat Dikonsumsi

Cara mengolah jamur dengan benar memang harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak berbahaya ketika di konsumsi. Karena jammur sendiri memiliki kandungan racun yang sebenarnya tidak berbahaya, alangkah baiknya jika Anda dapat mengolah jammur ini agar semakin aman dikonsumsi agar tidak menimbulkan efek samping. jammur sangat tidak direkomendasikan langsung dimakan maupun dimasak. Berikut ini adalah beberapa jammur yang mudah ditemui di pasaran dan juga cara mengolahnya:

• Jamur Merang

Cara mengolah jamur merang ini sebenarnya cukup mudah dilakukan. Cara utama yang disarankan untuk mengolah jammur merang adalah menggunakan teknik merebus. Dengan melakukan perebusan tentunya akan membuat racun yang ada di dalam jammur merang akan dapat keluar. Langkah-langkahnya:
1. Bersihkan jaamur merang dari kotoran. Cuci bersih menggunakan air mengalir.
2. Siapkan air di dalam panci dengan air yang jumlahnya setengah dari jumlah jaamur yang akan diolah. Gunakan dengan api sedang.
3. Apabila sudah mendidih, maka dapat memasukkan jaamur. Aduk dengan perlahan agar dapat matang dengan merata setelah terkena air panas.
4. Jika sudah matang merata, Anda dapat mendiamkan kurang lebih 5 menit.
5. Tahap selanjutnya adalah mengaduk perlahan dan diamkan lagi. Jika sudah keluar buih dan air berubah warna menjadi cokelat dengan aroma jaamur yang khas, angkat. Buang airnya lalu saring jamur merang.
6. Bilas jamur merang yang sudah di rebus dengan air dingin sampai dua hingga tiga kali. Tiriskan.

cara mengolah jamur kancing,cara mengolah jamur tiram yang benar,cara mengolah jamur crispy,cara mengolah jamur champignon,cara mengolah jamur kuping kering,cara mengolah jamur enoki,

• Jamur Kuping

Cara mengolah jamur kuping sangatlah sederhana. Proses yang dilakukan untuk mengolah jamur kuping adalah dengan menggunakan teknik perendaman. Karena dari namanya yang menggunakan cara perendaman tentunya akan memudahkan Anda dalam mengolah jaamur kuping ini. Langkah-langkahnya adalah:
- Cuci bersih jamur kuping ini dengan air mengalir. Tiriskan.
- Siapkan air mendidih di dalam panci yang sudah di panaskan. Pastikan suhu airnya benar-benar panas.
- Matikan apinya, masukkan jaamur kuping yang sudah dibersihkan ke dalam air mendidih tersebut. Rendam jamur kupingnya selama kurang lebih 30 menit.
- Apabila jaamur kuping sudah mengembang, dapat ditiriskan. Jaamur siap dimasak.

• Jamur Kancing

Cara mengolah jamur kancing memiliki cara pengolahan yang serupa dengan cara mengolah jamur merang. Menggunakan teknik merebus. Langkah-langkah yang digunakan untuk mengolah jammur kancing juga dapat mengikuti cara pengolahan jamur merang.

• Jamur Tiram

Cara mengolah jamur tiram tentunya akan berbeda karena pengolahan jamur ini menggunakan cara dikukus. Berikut ini adalah langkah-langkah mengolah jamur tiram:
- Siapkan dandang untuk mengukus. Jika tidak memiliki dapat menggunakan dandang nasi. Cukup berikan air 2 gelas saja.
- Masukkan jaamur tiram di atas saringan di dalam dandang. Tutup. Panaskan dengan api sedang dan biarkan sampai mendidih.
- Apabila air sudah susut, matikan kompor. Angkat, langsung siram dengan menggunakan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali.
- Peras dengan menggunakan tangan supaya kandungan airnya kurang dan menghilangkan aroma kurang sedapnya.
Cara mengolah jamur yang dapat dijumpai di pasaran memang cukup mudah dilakukan, bukan? Yang perlu diingat adalah cara mengolah masing-masing jamur ini akan berbeda satu sama lain. Mengetahui cara mengolah jamur menjadi penting dilakukan agar ketika ingin memasak jamur dapat mengolah jamur dengan benar sehingga tidak beracun dan aman dikonsumsi.